Bayi prematur haruskah minum susu BBLR?

NR Info Penanya: NR
Dok saya mu tanya, bayi saya lahir 34 minggu dng bb 2kg, selama ini sy menggunakan susu prematur dan bblr plus asi, skr bb bayi saya 3,7kg dng usia 1 bulan 3 minggu. Nah pertanyaannya sampai kapan bayi saya hrs minum susu prematur dan bblr? Trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore NR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Bayi prematur adalah bayi dengan berat badan lahir rendah tentunya membutuhkan penanganan yang intens dibanding dengan bayi lain pada umumnya. Karena proses pematangan organ pada bayi premature belum sempurna dan berat badan yang rendah, maka perlu diberikan susu dengan kalori tinggi (susu khusus untuk BBLR), namun utamakan untuk memberikan ASI.

Mengenai kapan susu BBLR di berikan pada bayi BBLR, semuanya tergantung dari perkembangan bayi. Bila bayi sudah mencapai berat badan sesuai dengan usia koreksinya, maka penggunaan susu formula dapat di hentikan atau berganti ke ASI dan susu formula.

Untuk bayi Anda yang lahir di usia 34 minggu dengan berat badan 2 kg. Dan sekarang usia 1 bulan 3 minggu sudah mencapai 3,7 kg. Dilihat dari berat badan normal bayi perempuan berada pada berat 3,3-4,4 kg dan berat badan normal bayi laki-laki 3,4-4,7 maka berat bayi Anda sudah mencukupi. Namun untuk pemberhentian susu BBLR bayi Anda saya sarankan konsultasikan terlebih dahulu ke dokter Anak Anda untuk penanganan yang tepat dan jangan lupa untuk melakukan kontrol teratur.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan cukup banyak, salah satunya adalah untuk ibu hamil

6 Manfaat Susu Kedelai, Dari Kesuburan Hingga Cegah Kanker

Manfaat susu kedelai bagi kesehatan cukup banyak, begitu pula untuk ibu hamil. Namun, ada efek negatif yang harus Anda perhatikan. Apa saja itu?