Apakah bisa diganti susu untuk bayi dengan riwayat prematur?

SM Info Penanya: SM, Wanita, 1 Tahun
selamat sore dok,saya mau tanya anak saya lahir premature dengan bb 1,5 diusia kandungan 30 mnggu,skrg usia nya 2bln dengan bb 2,9 ,apakah masih harus mengguna kn susu khusus bblr atau bisa diganti dengan susu bayi biasa?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Bayi prematur erat kaitannya dengan kondisi berat bayi lahir rendah atau BBLR. Itu diakibatkan karena pada bayi prematur kondisi perkembangan organ-organ tubuhnya belum maksimal termasuk berat badannya. Sehingga kondisi ini sangat rentan sekali untuk mengalami infeksi bahkan ke kematian.

Pada umumnya, pada bayi usia 2 bulan dengan jenis kelamin laki-laki, akan memiliki berat badan berkisar 3,4-5,7 kg dengan tinggi badan 51-58,4 cm. Sedangkan padai bayi berjenis kelamin perempuan, akan memiliki berat badan berkisar 3,2-5,4 kg dengan tinggi badan 50-57,4 cm. 

Kondisi berat badan pada bayi saat ini masih dibawah normal dari yang seusianya. Untuk itu, Anda harus tetap melanjutkan pemberian susu BBLR bagi anak Anda. Bisa juga dibantu dengan pemberian ASI. Lalu, tetap terus pantau pertumbuhan dan perkembangan dari anak Anda ini ke dokter spesialis Anak. Sehingga pertumbungan dan perkembangannya dapat berjalan sesuai dengan usianya. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat diare anak ada berbagai macamnya, tapi yang bisa digunakan adalah oralit dan probiotik

Obat Diare Anak, Amankah Diberikan kepada Si Kecil?

Obat diare anak hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Jangan gunakan obat bebas, termasuk meminumkannya antibiotik. Sebaliknya, Anda dapat memberi anak larutan oralit atau makanan dan minuman yang mengandung probiotik.