Apa penyebab mendengkur pada anak?

RR Info Penanya: RR, Wanita, 17 Tahun
Dok saya punya ponakan umur hampir 3 taun setiap tidur dia ngorok trus bahkan lebih besar suaranya dari pda orang tua apakah normal dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mendengkur adalah kondisi yang umum terjadi dan menyerang berbagai usia. Mendengkur dikaitkan dengan gangguan tidur yang berhubungan dengan pernapasan atau disebut Obstructive Sleep Apnea. Biasanya mendengkur dikaitkan dengan gejala seperti berhenti napas saat tidur, rasa ngantuk di siang hari, sakit teggorokan saat bangun tidur, gelisah saat tidur, dan mendengkur sangat keras.

Pada anak-anak, penyebab mendengkur yaitu :

- Hidung yang bengkak. Anak yang mngalami hidung bengkak akibat alergi biasanya akan kesulitan bernapas, sehingga menyebabkan anak bernapas melalui mulut.
- Obesitas. Anak yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan akan menyebabkan mendengkur saat tidur.
- Gangguan pernapasan. Penyakit seperti asma, alergi, infeksi tenggorokan dan telinga yang menyerang anak-anak, akan membuat anak tidur mendengkur.
- Amandel yang membesar. Hal ini dapat menyebabkan anak kesulitan bernapas karena menyumbat jalan napas.

Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan lanjut bagi keponakan Anda agar dapat diketahui lebih pasti penyebab dari mendengkur tersebut. Saya sarankan untuk periksa ke dokter anak. Untuk mengatasi mendengkur, Anda bisa meminta keponakan Anda untuk tidak tidur terlentang, lalu jika keponakan Anda mengalami obestitas, usahakan agar mengontrol berat badannya.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Night terror pada bayi biasanya disebabkan oleh trauma, demam, kurang tidur, pengaruh obat-obatan, atau sleep apnea.

Night Terror pada Bayi: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Night terror pada bayi adalah gangguan tidur yang membuat anak terbangun dari tidur disertai rasa takut dan tangisan. Hal ini biasanya terjadi pada anak usia 3-12 tahun yang umumnya disebabkan oleh trauma, demam, kurang tidur, pengaruh obat-obatan, atau sleep apnea.