Bayi minum susu formula, BAB sehari bisa 5-6 kali. Apakah normal?

SN Info Penanya: SN, Wanita
Dok anak sya umur 3 bln minum susu formula tapi babnya sehari bisa 5-6 kali apakah itu normal atau bisa dikatakan diare? Kondisi fases bagus tidak cair dan berwarna kuning
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SN

Untuk bayi usia 3 bulan biasanya frekuensi BAB 1-2 x per hari. Bahkan bisa hanya sekali dalam 3 hari. Tanda bahayanya bila bayi ibu tampak kesakitan, lemas, muntah atau timbul demam. Apakah sufornya baru diganti? Naik usia atau berubah jenis proteinnya? Bila iya mungkin kurang cocok dan perlu transisi secara bertahap ke sufor yang baru. Bila tidak maka ibu bisa lebih mengencerkan sufornya agar kotorannya lebih padat. Memang bayi dengan sufor biasanya kotorannya lebih lembek.

Tapi bila ibu ragu atau tidak yakin, sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Anak langganan ibu untuk diskusi lebih lanjut mengenai susu formulanya dan apakah memerlukan terapi atau pemeriksaan tambahan. Pastikan saat mempersiapkan susunya agar cuci tangan dengan sabun antiseptik, menggunakan air matang serta botol sudah dicuci dengan bersih. Saya lampirkan artikel mengenai cara mengatasi diare pada bayi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bintik merah pada kulit bayi tidak hanya muncul karena ruam popok.

Bintik Merah pada Kulit Bayi, Apa Penyebabnya?

Bintik merah pada kulit bayi tak hanya disebabkan oleh ruam popok. Pemberian jenis makanan baru pada bayi juga dapat menyebabkan bintik merah pada kulit bayi karena dapat meningkatkan frekuensi buang air besar.