Bayi di bawah 6 bulan, setelah imunisasi bekas suntikannya menjadi bengkak, bagaimana mengatasinya?

SY Info Penanya: SY, Wanita, 16 Tahun
Tentang bayi usia 0-6 bulanDok sya mau tanya ank sya hbis suntik imunisasi bengkak bkas suntikannya smpe kapn bengkak nya kempes& bagaimna cara ngempesin
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SY

Kebanyakan reaksi kulit setelah pemberian vaksin adalah respon normal peradangan pada kulit karena adanya benda asing. Jadi tidak selalu menandakan adanya alergi dan banyak pasien dapat menerima vaksinnya dengan aman tanpa keluhan.

Reaksi lokal di tempat suntikan vaksin, seperti bengkak, kemerahan dan/atau nyeri dapat terjadi dalam 80% pemberian vaksin. Tergantung juga dari jenis vaksin yang diberikan. Bisa terjadi dalam beberapa jam setelah pemberian vaksin, biasanya ringan dan tidak perlu dilakukan terapi khusus, terutama bila bayinya tidak tampak rewel/tidak nyaman. Tapi kalau ibu khawatir bisa dengan memberikan obat nyeri tetes untuk bayi, serta kompres dengan kain lembab. 

Saya lampirkan artikel mengenai Apa yang Terjadi pada Anak Setelah Vaksin? Ini yang Wajib Anda Ketahui. Ibu juga dapat diskusi dengan Dokter Spesialis Anak langganan ibu untuk informasi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dikenal sebagai "tameng" dari berbagai macam penyakit, sebenarnya apa itu vaksin?

Mampu Menjaga Tubuh dari Penyakit, Apa Itu Vaksin?

Vaksin dikenal sebagai salah satu cara paling aman dan efektif untuk mencegah penyakit agar tidak bisa menyerang Anda dan anak Anda. Sebenarnya, apa itu vaksin dan bagaimana cara kerjanya?