12 Jun 2020, 05:12Pernapasan

bayi bernafas terengah dan terdengar ada lendir atau dahak

S
Info Penanya: S, Pria0
bayi saya baru lahir dan ada suara nafasnya terengah engah seperti ada lendir / dahak. apakah saya harus mengkhawatirkan hal tersebut? lalu adakah cara supaya lendir tersebut dikeluarkan, sehingga bayi bisa bernafas lebih lega?
19878 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam S,Pernapasan bayi baru lahir normalnya adalah kurang dari 60 kali permenit atau sekitar 40-60 kali permenit. Apabila bayi baru lahir tampak bernapas terengah atau bernapas lebih cepat, tampak sesak napas, perlu diwaspadai dan perlu segera diperiksakan terutama jika ada gejala tambahan lain seperti:
  • Adanya tarikan atau disebut dengan retraksi baik di bagian dada, dibawah leher, di ulu hati 
  • Adanya suara napas tambahan
  • Anak tampak merintih
  • Tampak kebiruan baik di bibir, kuku dan bagian tubuh lain
  • Tampak bernapas dengan hidung kembang kempis
  • Bayi demam
Jika ada tanda gejala diatas, merupakan adanya kegawatan yang perlu segera ditangani di instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat. Nantinya akan dilakukan penanganan dan pemeriksaan lanjutan.Apabila terdengar suara grok-grok saat bayi bernapas bisa timbul karena masalah pernapasan baik karena saluran yang belum berkembang sempurna, ada lendir di saluran napas, ataupun masalah lain.Sering kali yang mengalami hal ini adalah bayi yang lahir prematur, bayi menelan cairan ketuban saat lahir, bayi lahir dengan masalah pernapasan. Adanya infeksi saluran napas pada bayi dan kondisi lain.Untuk itu jangan ragu untuk segera memeriksakan bayi Anda segera pada dokter ataupun dokter anak. Penanganan akan diberikan baik dilakukan pengeluaran lendir dengan alat khusus, pemberian obat ataupun juga dilakukan terapi inhalasi misalnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips parentingsesak napasgangguan pernapasanbayi baru lahir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil