Bayi buang air besar 5 kali sehari dan cair apakah normal?

HA Info Penanya: HA, Pria, 38 Tahun
Sy helwin di sulbarBayi saya berumur 3 hari. BAB encer 5 kali dalam 24 jam. Apakah normal? Kalau misalnya jawabannya tdk normal, bagaimana penanganannya? Trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HA,

Bayi yang baru lahir bisa buang air besar sampai 12 kali dalam sehari terutama jika diberikan ASI, tetapi jika mengonsumsi susu formula dan buang air besar lebih dari 5 kali dalam sehari disertai perubahan warna feses bayi menjadi kuning, feses menjadi hijau, gelap ataupun bercampur darah bisa tidak normal.

Karena usianya baru 3 hari apabila mengonsumsi susu formula bisa terjadi karena alergi susu sapi, intoleransi laktosa ataupun karena ada nya infeksi saluran pencernaan ataupun diare.

Apabila bayi tampak rewel, tidak mau menyusu atau demam maka perlu segera periksakan pada dokter anak. Berikan anak lebih banyak ASI agar mencegah tidak terjadi dehidrasi.

Apabila  tidak ada keluhan lain, bisa merupakan hal yang normal. Tapi jika merasa ragu dan khawatir bisa periksakan bayi Anda pada dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. Jaga selalu kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, bersikan payudara sebelum memberikan ASI ataupun setelah dan sebelum mengganti popok. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak boleh sembarangan dalam memilih kacamata bayi

Inilah Tanda Si Kecil Memerlukan Kacamata Bayi

Pada tahun pertama hingga kedua kelahirannya, bayi biasanya telah memiliki penglihatan yang sangat baik. Namun, sebagian bayi mungkin memiliki masalah penglihatan yang membuatnya membutuhkan kacamata bayi.