Bayi belum bisa tengkurap

AW Info Penanya: AW
Dok saya mau tanya bayi saya usia 9 bulan kok belum bisa tengkurap
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Hi AW.

Perkembangan bayi tidaklah selalu sama. Beberapa bayi dapat lebih cepat ataupun lebih lambat. Namun memang rata rata pada usia 3 bulan bayi kebanyakan sudah bisa tengkurap. Lambat cepatnya suatu perkembangan pada anak dipengaruhi oleh banyak faktor seperti nutrisi, usia kehamilan ibu saat anak lahir, dan stimulasi yang diberikan pada anak. 

Untuk melatih anak agar tengkurap coba Anda posisikan anak Anda pada posisi tengkurap setidaknya 30 menit dalam sehari. stimulasi anak secara konstan untuk melatih otot otot anak agar mampu tengkurap dengan sendirinya. Namun melihat kondisi yang sudah usia 9 bulan, Anda dapat langsung berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang sehingga dapat diketahui penyebab anak Anda tidak bisa tengkurap.

Sebagai referensi Anda, saya lampiran tahapan tumbuh kembang anak tahun pertama kehidupannya.

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak aktivitas menarik untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak preschool.

Ini Rekomendasi Aktivitas Anak Prasekolah untuk Tumbuh Kembang

Umumnya, anak-anak pada fase preschool memang asyik menyerap berbagai hal yang terjadi di sekelilingnya. Tak hanya mengembangkan keterampilan, anak pun akan belajar memecahkan masalah. Oleh karena itu, orangtua memiliki andil besar dalam mendukung perkembangan anak.