Bayi 9 bulan mata bengkak dan muka serta telapak kaki bentol. Apakah alergi?

WA Info Penanya: WA, Wanita
Dok,Baby saya berumur 9bln, berawal kmrn lusa dr bngun tdur siang anak sya matany bngkak sprti di gigit srangga, namun bbrp lama bngkakny ilang. Tpi saat mlm tiba2 ank sya dri muka smpai tlapak kaki bntol dok. Apa ank saya ini mnglami alergi dok ?Pdhl sdh sya ksh obat tp hilang sesaat, tp sya bntu jg ksh mnyak telon sereh dan bdak gatal, ya tp nnti bgtu lagi dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, WA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bayi Anda usia 9 bulan, apakah masih mendapatkan ASI? Dari gambaran Anda kemungkinan bisa alergi, apakah Anda atau suami Anda memiliki riwayat alergi. Bisa juga dari keluarga seperti orang tua, om atau tante. Penyebab alergi yang paling sering adalah dari makanan. Pada bayi yang perlu diperhatikan adalah susu, apakah menggunakan ASI dan sufor? Kalau masih menggunakan ASI berarti ibu harus pantang produk susu sapi seperti keju, krim, camilan dan lain-lain. Bila hanya menggunakan sufor, apakah baru mengganti merk? Atau sufor yang digunakan sudah hipoalergenik?

Selain itu, ibu cerita bahwa di malam hari timbul kembali. Coba suhu udara jangan terlalu dingin sekitar 35 derajat, gunakan setting AC dry dan angin jangan terlalu kencang. Karena bisa saja reaksi dari udara dingin. Memang alergi bisa sering berulang jadi ibu mesti menyiapkan bedak alergi atau obat untuk alergi. Sebaiknya konsultasi dengan dokter anak langganan ibu untuk mendapat terapinya. Saya lampirkan juga artikel mengenai berbagai jenis alergi pada bayi untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung terasa gatal dan bersin terus-menerus saat di kantor merupakan gejala Anda mengalami rhinitis alergi

Pekerjaan Anda Memicu Alergi? Ketahui Cara Mengatasi Alergi dengan Tepat

Ada kalanya seseorang mau tidak mau harus bekerja di lingkungan yang rentan menimbulkan alergi. Jika ini yang terjadi, pastikan tahu cara mengatasi alergi dengan tepat.