Bayi 6 bulan dan belum BAB 5 hari, apakah berbahaya?

BR Info Penanya: BR, Pria, 2019 Tahun
Dokter maaf saya ingin bertanya... Anak saya baru umur 6 bulan. Biasanya emang bab nya jarang 2 . Tp yg biasa nya 3 hari udah bab... dok ..Ini udah 5 hr kok belum bab .. kenapa ya dok.. trus ada obatnya gak dok... Trus efeknya bisa bahaya gak dok. Makasih belum e dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, BR

Terimakasih telah bertanya di Forum SehatQ.

Sebetulnya pada bayi yang masih minum susu saja dapat tidak BAB sampai dengan 7 hari. Asalkan bayi anda tidak tampak kesakitan saat buang air besar atau kotorannya keras. Beberapa hal yang bisa anda lakukan di rumah, yaitu :

Olahraga

Olahraga pada bayi dibantu dengan cara menggerakkan kakinya meniru gerakan mengendarai sepeda. Digerakkan dengan lembut, sehingga membantu fungsi usus dan mengurangi sembelit.

Mandi Air Hangat

mandi air hangat agar otot-ototnya melemas dan berhenti mengedan.

Perubahan diet

Bayi yang masih full ASI, peran ibu dalam menjaga makan juga penting. Misalnya mengurangi produk susu sapi. Untuk bayi yang menggunakan sufor mungkin perlu mengganti sufornya. Tapi sebaiknya konsultasi dulu dengan Dokter Anak. Bila sudah mendapat makanan padat, beri makanan dengan serat seperti apel tanpa kulit, brokoli, buah pir, plum, oatmeal, roti atau gandum.

Kebutuhan cairan

Pada saat bayi anda sulit BAB berikan cairan tambahan bisa dari asi, atau sufor yang lebih encer atau buah pada bayi usia > 4 bulan.

Pijat bayi

buat gerakan melingkar di perut dengan pola searah jarum jam. Atau dengan menggendong bayi anda, sambil memegang lutut dan kakinya. Kemudian kaki didorong mendekati perut dengan perlahan-lahan. Atau dengan telunjuk anda buat garis dari tulang dada sampai ke pusarnya.

Bila masih ada keraguan, sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter Anak anda. Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan BAB dan menahan kentut akan memberikan dampak bagi kesehatan, misalnya menyebabkan feses menjadi keras dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman

Ini Alasan Kenapa Menahan BAB atau Menahan Kentut Tidak Disarankan

Kebiasaan menahan BAB dapat menyebabkan konstipasi hingga hilangnya kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB.