Apakah normal bayi usia 2 bulan tidak buang air kecil saat malam hari?

D Info Penanya: D, Wanita, 30 Tahun
Hallo dok bayi usia 2bulan tidak kencing saat tidur malam dia kencing kalau pas mata melek jam 3 pagi jam 4 pagi, padahl sebelum tidur jm 7 malam minum asi stgh jam dan bangun jam 12 minum asi lagi tapi gak lama, kalau siang masih bolak balik kencing dok, normal atau tidak ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Normalnya bayi buang air kecil sebanyak 20 kali dalam 24 jam. Sehingga ibu harus mengganti popok sebanyak 6-10 kali. Jika bayi mengalami kurang dari 6 kali ganti popok dalam sehari, maka hal tersebut merupakan hal yang tidak normal. 

Penyebab bayi jarang buang air kecil

Ada beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan bayi menjadi jarang buang air kecil, yaitu:

  • Bayi mengalami dehidrasi. Biasanya ditandai dengan mulut bayi yang kering, bayi tidak aktif, tidak mengeluarkan air mata, mata cekung, kulit kering, tangan dan kaki dingin.
  • Disfungsi kandung kemih. Jika kandung kemihnya tidak baik, maka bayi mungkin saja tidak pipis selama 6-8 jam. 
  • Penyumbatan pada saluran kemih. Ditandai dengan gejala demam, tidak mau makan, mual dan muntah, dan urine berwarna gelap, keruh, dan kadang berdarah.

Kondisi yang dialami bayi Anda ini, kemungkinan masih merupakan hal yang normal. Karena jika dilihat dari frekuensi menyusui saat malam hari yang sedikit, sehingga membuat bayi Anda baru buang air kecil saat subuh jam 3 atau 4 pagi.

Walaupun begitu, Anda harus tetap melakukan pengawasan pada bayi Anda. Anda bisa mulai menghitung berapa kali Anda mengganti popok bayi Anda dalam satu hari dan berapa kali Anda memberikan ASI pada bayi Anda dalam sehari. Jika kurang dari 6 kali Anda mengganti popok anak Anda, maka kondisi ini tidak normal. Sebaiknya segera periksa ke dokter anak agar dapat diberikan terapi yang tepat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala flu bayi bisa diredakan, antara lain dengan memasang humidifier, untuk melembapkan udara ruangan

Pelajari Penyebab Gejala Flu Bayi dan Cara Mengatasinya

Gejala flu pada bayi dapat membuat bayi merasa tidak nyaman, sulit tidur, hidung tersumbat, kesulitan bernapas, bersin-bersin, meriang, pilek, dan batuk. Gejala flu dapat diredakan dengan memasang humidifier.