Bayi 1 bulan, BAB cair dan berbuih

FS Info Penanya: FS, Wanita, 2019 Tahun
Dok, bab bayi usia 1 bulan selalu cair dan ada buihnya itu normal ngk dok??Dan perut kembungnya tidak juga hilang sudah 4 hari. Dipijit pakai minyak telon, bawang sama minyak kayu putih dan pakai daun jarak juga masih tak hilang dok.Mohon saranya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Apakah bayi anda saat ini menggunakan sufor atau full ASI saja? Bila full ASI saran saya anda pantang makanan produk susu sapi karena BAB cair bisa akibat tidak cocok dengan laktosa. Produk susu sapi termasuk biskuit dan camilan. Pastikan tidak ada makanan yang anda makan mengandung susu sapi, keju dan sebagainya.

Bila anak anda menggunakan sufor coba ganti dengan sufor yang hipoalergenik atau produk dari susu kedelai karena reaksi alergi susu pertama kali mengenai pencernaan sehingga BAB menjadi cair dan berbuih. Akibatnya pencernaan terganggu hingga produksi gas meningkat dan bayi anda menjadi kembung. Pastikan juga air yang digunakan air matang dan bersih.

Selama masih cair BABnya, ASI tetap diberikan kalau bisa lebih banyak atau sufor lebih dibuat cair agar kotorannya mengeras.

Bila anda khawatir melihat kondisi bayi anda lebih baik dibawa ke RS terdekat karena bayi masih rentan dehidrasi. Semoga informasinya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa dilakukan dengan membiarkannya menghirup uap

Ini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi ala Rumahan

Batuk dan pilek dapat menimbulkan peradangan serta dahak pada tenggorokan. Berbeda dengan orang dewasa, bayi akan lebih sulit untuk mengeluarkan dahak. Orangtua harus tahu cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan benar.