Testis besar sebelah sejak lahir, apakah berpengaruh saat dewasa ?

ED Info Penanya: ED
dok, mau tanya! anak saya baru umur 5 bulan testisnya besar sebelah tetapi yg besar malah yang kiri sedangkan yg kana kecil kenapa ya dok saya kawatir apa nantinya akan berpengaruh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ED.

Testis merupakan dua buah organ pada sistem reproduksi pria yang memiliki bentuk oval dan diselubungi oleh kantung kulit yang disebut skrotum. Testis terletak di belakang penis dan karena terselubung oleh skrotum, maka tidak dapat terlihat secara langsung. Secara luas, masyarakat mengenal testis dan skrotum dengan sebutan buah zakar.

Pada dasarnya, ukuran normal buah zakar kiri dan kanan memiliki sedikit perbedaan, dan buah zakar kiri biasanya terletak lebh rendah. Akan tetapi terdapat berbagai kondisi yang dapat menyebabkan ukuran buah zakar membesar, baik keduanya maupun salah satu.

Mengenai keluhan yang dialami anak Anda, berikut beberapa kemungkinan penyebab membesarnya salah satu buah zakar pada anak, diantaranya adalah :

  • testis yang tidak turun pada skrotum (undesensus testis/kriptorkismus)
  • adanya cairan yang berkumpul pada skrotum (hidrokel
  • infeksi di sekitar testis (epididimitis)

Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika kondisi yang dialami merupakan undesensus testis dengan keadaan testis yang tidak turun sama sekali, maka diperlukan tindakan operasi untuk menanganinya. Menurut para peneliti, tindakan koreksi atau perbaikan kondisi tersebut sebaiknya dilakukan segera karena dapat memberikan pengaruh pada organ reproduksi saat anak tumbuh dewasa.

Untuk itu, ada baiknya Anda memeriksakan kondisinya pada dokter Spesialis Anak agar dapat segera diketahui diagnosisnya dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masa subur pria memiliki saat terbaik dan batas waktu

Ini Siklus Masa Subur Pria yang Perlu Dipahami dan Ketahui

Masa subur tidak hanya berlaku untuk wanita namun juga pria. Pada masa tertentu, kualitas sperma pria akan lebih baik. Sehingga, kemungkinan memiliki momongan pun akan semakin tinggi.