Bau tertentu menyebabkan sakit kepala?

AY Info Penanya: AY, Pria, 19 Tahun
Dok, adik saya mengalami keadaan unik dimana saat dia mencium bau tertentu dia bisa langsung sakit kepala berkepanjangan, keringat dingin tapi tidak mual. Apakah seperti itu berbahaya? Lalu solusinya bagaimana dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam A. 

Berdasarkan keluhan yang adik Anda alami. Bisa dideskripkan sakit kepala seperti apa? Dan apa sedang hamil adiknya?

Orang yang sangat terganggu mencium bau tertentu seperti parfum, bensin atau bau tajam lainnya disebut hiperosmia. Kebanyakan orang yang hipersomia dapat mengalami migrain. Migrain adalah sakit kepala atau sedang hamil. Penyebab lain bisa dikarenakan gangguan autoimun, saraf, dan diabetes mellitus.

Untuk solusi sebaiknya disarankan untuk ke dokter mencari tahu penyebab. Pastikan tidak ada gangguan pada imun dan saraf. Pencegahan selanjutnya sebaiknya untuk menghindari bau yang menyengat dan mengunyah permen pepper minta untuk menghilangkan bau yang sudah tercium. Untuk tatalaksana lebih lanjut harus dicari tahu penyebab terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain mengecek gangguan kepribadian, tes psikologis dapat dilakukan untuk pekerjaan dan edukasi

Dapatkah Tes Psikologi Mendiagnosis Gangguan Kepribadian?

Tes psikologi identik dengan diagnosis gangguan kepribadian, tetapi sebenarnya terdapat manfaat lain. Melalui tes psikologis, Anda dapat mengetahui masalah yang dialami dan potensi diri. Saat ini pun tes psikologis memiliki berbagai jenis, misalnya tes psikologi untuk pekerjaan, kesehatan, dan edukasi.