Bau nafas, benjolan kecil kemerahan dan warna putih di tengah lidah?

T Info Penanya: T, Wanita, 23 Tahun
Saya mengalami bau nafas yang tidak sedap setelah dilihat di lidah ada benjolan kecil warna merah dan di tengah tengah lidah ada keputihan kayak kotoran dan tidak terasa ada sakit sama sekali di bagian rongga mulut maupun di area mulut itu sendiri kira kira penyebabnya apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TA

Terima kasih atas pertanyaannya. 

Lidah anda seperti bagian kulit yang lain memiliki lapisan atas yang berganti bila sudah waktunya. Bila proses itu tidak berlangsung dengan baik maka akan tampak seperti lapisan warna putih. Ada yang semakin menumpuk hingga lapisan tersebut tampak tebal. 

Begitu pula bentol kecil kemerahan di lidah, kemungkinan adalah radang kelenjar pengecap yang jumlahnya banyak di lidah. Bila sampai luka akan tampak seperti sariawan dan terasa nyeri.

Bau mulut anda tergantung dari rongga mulut anda jadi menjaga kesehatan rongga mulut sangat penting. Sikat gigi minimal 2x per hari, kumur-kumur dengan antiseptik dan jangan lupa lidah juga perlu disikat atau dibersihkan. Jaga juga makanan yang masuk bukan termasuk makanan yang menghasilkan bau tidak sedap.

Bila keluhan tidak berkurang, anda bisa konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bau mulut bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Penyebabnya

Bau mulut dapat disebabkan karena perawatan kesehatan gigi yang buruk bahkan bisa menjadi tanda-tanda masalah kesehatan. Cara menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan menerapkan kebersihan mulut, berkunjung ke dokter gigi secara teratur, berhenti merokok, dan minum banyak air.