bau mulutdan cara menghilangkannya

PS Info Penanya: PS, Wanita, 2019 Tahun
Dokter sy mau tanya sy udh mencoba dengan anjuran2 untuk berkumur cabut gigi berlubang yg katanya menghilangkan bau mulut, tapi sampai skrg tidak ada perubahan, kira2 selain konsultasi ke dokter, adakah obat yg bisa menghilangkan secara permanen?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PS

Penyebab halitosis atau bau mulut dapat berasal dari masalah mulut dan diluar mulut. Jika dari mulut biasanya akibat gigi berlubag, infeksi dan radang gusi, efek samping sisa makanan dan minuman. Selain itu bau mulut juga terjadi akibat masalah lain seperti pada radang tenggorokan, radang sinus hidung atau sinusistis, pembengkakan amande/tonsilitis, efek magh atau asam lambung berlebih, kegemukan, diabetes, gangguan ginjal dan hati. 

Saya sarankan anda juga membersihkan lidah, hindari makanan panas, pedas, berbau, hindari merokok, kopi dan alkohol. 

Jika penyebab akibat gigi berlubang dan masalah mulut, biasanya langsung dapat menghilangkan bau mulut, namun bila terdapat masalah lain maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu sumber bau mulut.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab bau mulut yang tidak disadari oleh orang-orang

Penyebab Bau Mulut yang Mungkin Tidak Anda Sadari

Bau mulut dapat disebabkan oleh banyak hal, namun umumnya disebabkan oleh bakteri. Berikut adalah berbagai penyebab bau mulut yang sering tidak disadari oleh orang banyak