Bau mulut walaupun sudah rajin sikat gigi dan memakai obat kumur

SI Info Penanya: SI, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya masalah bau mulut, nah bau mulut saya ini bisa dibilang parah dok.. soalnya saya udah berusaha gimana2 ttp aja dok, sikat gigi rutin, pake obat kumur, tpi ttp aja, juga pernah bersiin karang gigi.. dan semua itu membuat saya gak pd komunikasi dg orang lain dokMohon solusinya ya dok.. Apa pnyebabnya dan cara mengatasinya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SI

Terimakasih atas pertanyaannya.

Bau mulut yang persisten mungkin merupakan tanda adanya penyakit pada gusi. Awalnya karena penumpukan plak pada gigi kemudian bakteri menyebabkan pembentukan zat racun yang mengiritasi gusi dan akhirnya ke tulang rahang. Penyebab lain adalah penggunaan behel, infeksi jamur dan gigi berlubang yang belum diobati.

Kondisi klinis lain adalah mulut yang kering (xerostomia) karena air liur diperlukan untuk melembabkan mulut, menetralkan asam dari plak dan membersihkan sel mati yang menumpuk di lidah, gusi dan pipi. Sel mati ini akan membusuk dan menyebabkan bau mulut. Penyebab mulut kering bisa dari obat-obatan, gangguan di kelenjar air liur atau pernapasan terlalu sering melalui mulut.

Infeksi juga dapat menyebabkan bau mulut, misalnya infeksi saluran pernafasan seperti pneumonia atau bronkitis, infeksi sinusitis kronis, pilek yang menetes ke mulut, diabetes, GERD dan gangguan liver / ginjal.

Bila segala daya sudah anda coba, sudah waktunya anda berobat ke dokter gigi. Bila menurut dokter gigi problemnya bukan di rongga mulut maka anda akan dikonsulkan ke Spesialis Penyakit Dalam.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit seperti diabetes dan naiknya asam lambung bisa membuat mulut terasa pahit

Secara Medis, Ini Alasan Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit atau lidah terasa pahit bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, mulai dari naiknya asam lambung hingga efek obat. Kondisi ini juga disebut dengan dyegeusia.