bau mulut puluhan tahun

DW Info Penanya: DW, Pria, 37 Tahun
Dok, saya mempunyai masalah dengan bau mulut yang sudah saya derita hampir puluhan tahun gimana ya cara menyembuhkan bau mulut saya yang sudah sangat akut ini karena saya sudah mencoba beberapa cara untuk mengatasinya tetapi bau mulut tidak kunjung hilang hal tersebut buat saya jadi minder dalam berinteraksi dengan orang-orang terdekat saya terutama istri
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DW

Ada banyak penyebab bau mulut, diantaranya gigi berlubang, peradangan gusi akibat pertumbuhan gigi yang tidak sempurna (ex impaksi),  infeksi pada gusi, peradangan pada rongga mulut,lidah yang kurang bersih, sisa makanan yang tidak dibersihkan pada gigi, karena kelainan metabolik seperti diabetes dan gagal ginjal.

Untuk tatalaksana saya sarankan anda untuk menyikat gigi 3 kali sehari atau setelah makan, membersihkan lidah, mencabut atau menambal gigi jika ada yang berlubang, hindari  merokok, hindari makanan yang panas dan berbau.

Anda juga dapat berkumur dengan antiseptik mulut. Jika masalah bau mulut tidak teratasi sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mencari tahu penyebab masalah di rongga mulut anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat siwak untuk kesehatan gigi yang bisa Anda rasakan

5 Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi Ini Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Dikenal sebagai salah satu bahan alami untuk membersihkan gigi, manfaat siwak untuk kesehatan ternyata tidak cuma mitos. Selain membersihkan gigi, siwak adalah bahan alami yang memiliki kandungan antijamur dan antibakteri. Saat ini, siwak sering dijadikan bahan dasar pasta gigi modern.