Batuk dan sesak napas satu bulan, apa solusinya?

RM Info Penanya: RM, Wanita, 59 Tahun
Dok, sudah hampir satu bulan saya batuk tidak kunjung sembuh. Pada awalnya saya hanya batuk berdahak biasa disertai gatal tenggorokan dan tidak bisa tidur. Sudah beberapa kali periksa ke dokter tidak kunjung sembuh. Sekarang batuk saya menjadi batuk kering dan akhir akhir ini di sertai sesak nafas, bagaimana ya dok cara pengobatannya? Mohon bantuannya terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RM.

Batuk adalah refleks yang ditimbulkan oleh tubuh ketika ada benda asing pada saluran pernapasan, misalnya alergen, debu, atau mikroorganisme. Ketika seseorang mengalami batuk terus-menerus, berarti ada sesuatu yang tidak normal pada sistem pernapasan. Batuk bisa disertai oleh gejala lainnya seperti demam, sesak napas, nyeri tenggorokan, dan lain-lain.

Terkait keluhan Anda, batuk selama sebulan disertai sesak napas bisa disebabkan oleh:

  • Tuberkulosis paru, yaitu infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis
  • Pneumonia, yaitu peradangan kantung udara di paru-paru
  • Batuk alergi karena paparan debu atau pemicu lainnya
  • Asma, yaitu penyempitan sementara saluran napas yang disertai bunyi mengi saat menarik napas
  • GERD, yaitu batuk yang disebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan

Untuk memastikan penyebab pasti batuk Anda, periksakanlah ke dokter spesialis paru. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang, misalnya laboratorium (dahak, darah, dan lain-lain) atau radiologi. Setelah itu, dokter akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

Sementara, Anda dapat mengurangi makanan pedas dan berminyak yang bisa memicu pembentukan lendir dan rasa gatal di tenggorokan. Hindari merokok, dan pastikan udara yang dihirup selalu bersih. Apabila ingin bepergian ke tempat yang berpolusi atau berdebu, gunakan masker ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.

10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari memang menyebalkan. Di saat kita ingin beristirahat dengan tenang, tenggorokan gatal dan batuk-batuk datang mengusik. Bagi Anda yang merasakannya, berikut ini 10 cara ampuh mengatasi batuk di malam hari.