Batuk terus menerus walau sudah dicek dahak hasilnya negatif,kenapa itu?

SI Info Penanya: SI, Wanita, 21 Tahun
dok, saya mau nanya.. teman saya mengalami flu dan batuk terus menerus dan berulang, sudah kurang lebih 1 tahun.. sudah cek ke dokter dan dokter bilang ada kemungkinan alergi sama paru. lalu periksa dahak hasilnya negatif paru.kemudian dokter memberikan obat alergi, batuk dan flu mereda kalau sdh minum obat, lalu kambuh kembali sewaktu-waktu.. kira-kira itu kena penyakit apa dok?apakah harus dilakukan cek dahak ulang? trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SIK,

Manusia mempunyai sistem imun / kekebalan tubuh yang berada di kelenjar getah bening(KGB). Sistem ini berfungsi melawan infeksi virus, bakteri maupun organisme lainya. Pada suatu kondisi seseorang diperlukan untuk cek dahak untuk mengetahui apakah dia dicurigai terjangkit TBC yg disebabkan Mycrobacterium tuberculosis atau tidak. Hasil negatif menunjukkan seseorang tsb sedang tidak terjangkit.

Pada saat kekebalan tubuh menurun seseorang mudah terinfeksi bakteri/virus yang salah satunya adalah infeksi saluran nafas atas(ISPA). ISPA disebabkan adanya bakteri atau virus yang berada di udara yang kita hirup sehingga setiap orang mudah sekali terkena penyakit ini secara berulang selama kondisi imunitas nya turun.

Beberapa tips agar terhindar atau mengurangi gejala dari ISPA adalah

  1. Olahraga rutin bisa meningkatkan imun tubuh
  2. Konsumsi makanan bergizi dan jauhi makanan berlemak serta junkfood
  3. Hindari konsumsi air dingin atau ice cream
  4. Perbanyak istirahat dan hindari kebiasaan suka begadang
  5. Perbanyak konsumsi vitamin C misal di jeruk dan lemon.

Berikut artikel Mencegah ISPA di tengah populasi udara untuk menambah wawasan Anda. Konsultasikan dengan dokter spesialis paru apabila ada pertanyaan lebih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Beres-beres rumah ala Marie Kondo ternyata bisa tingkatkan kesehatan fisik dan mental.

5 Manfaat Kesehatan Metode KonMari, Merapikan Rumah ala Marie Kondo

Terlepas dari tren beberes a la Marie Kondo, menjaga kerapian rumah memang terbukti secara ilmiah, bermanfaat bagi kesehatan. Jadi, segera mulai kebiasaan baik ini.