batuk terus menerus tidak sembuh disertai berat badan susah naik

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya mau tanya, anak saya umur 5 tahun kenapa anak saya mudah kena batuk terus dah dibawa kedokter tpi belum sembuh sembuh, ditambah lagi berat badan anak saya susah naik, gimana ya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi CS

Batuk terjadi sebagai upaya pembersihan jalan nafas akibat iritasi infeksi bakteri, virus, alergi. Pada anak yang mengalami batuk lama dapat terjadi akibat alergi seperti asma, infeksi bakteri pneumonia, batuk rejan dan tuberkulosis. 

Anak yang yang mengalami infeksi tuberkulosis juga akan sering batuk dan tidak mengalami pertambahan bahkan dapat mengalami penurunan berat badan hingga sesak nafas. 

Pada anak yang sering batuk dan tidak mengalami pertambahan berat badan juga harus dicurigai memiliki masalah penyakit bocor jantung. 

Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak (Sp,A) untuk memastikan sumber batuk yang anak anda alami. Mungkin anak anda perlu menjalani pemeriksaan foto thorax dan mantox test. 

Jika anak anda batuk bersihkan jalan nafas, jangan beri minum jika anak sedang batuk karena dapat memicu tersedak dan aspirasi  ke paru yang memicu sesak nafas. Anda juga disarankan meningkatkan sistem imun anak anda dengan dengan memberi makan bergizi, tambahan suplementasi curcuma, multivitamin, zink. 

Selain itu hindari anak anda dari paparan asap rokok, debu, dan suasana yang memicu iritasi saluran nafas.

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.

10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari memang menyebalkan. Di saat kita ingin beristirahat dengan tenang, tenggorokan gatal dan batuk-batuk datang mengusik. Bagi Anda yang merasakannya, berikut ini 10 cara ampuh mengatasi batuk di malam hari.