batuk tenggorokan sakit nafas tersendat

AM Info Penanya: AM, Pria, 2019 Tahun
Batuk tenggorokan sakit nafas tersendat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM

Keluhan batuk disertai sakit tenggorokan dan nafas tersendat sering terjadi akibat tonsilofarigitis atau peradangan tonsil/amandel dan faring. Kondisi ini dapat dicetuskan infeksi virus dan bakteri. 

Jika ada infeksi yang masuk maka tonsil/amandel akan membesar disertai radang tenggorokan, upaya untuk membersihkan bakteri terjadi dengan reflek batuk. Namun jika terjadi nafas tersendat bisa jadi karena benjolan radang tonsil cukup besar hingga menutup jalur nafas. 

Untuk menghilangkan radang, tergantung penyebab infeksi, jika virus maka dapat dihilangkan melalui meningkatkan imunitas tubuh dengan perbanyak istirahat, konsumsi air putih dan minum vitamin terutama vit c. Jika dicetuskan bakteri, maka dapat disembuhkan dengan antibiotik. Untuk peradangan dan nyeri yang berat dapat dibantu anti nyeri ibuprofen atau kortikosteroid. 

Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk tatalaksana pasti, jika amandel sudah cukup besar disertai keluhan yang sering berulang maka dapat dipertimbangkan operasi amandel tonsilectomy. 

Salam sehat

dr. Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelumpuhan pita suara bisa menyebabkan suara menjadi serak, seperti saat tenggorokan kering

Sakit Tenggorokan? Bisa Saja Penyebabnya Kelumpuhan Pita Suara

Sakit tenggorokan tidak melulu disebabkan oleh batuk atau flu. Bisa saja, penyebabnya adalah kelumpuhan pita suara, yang gejalanya serupa dengan kedua penyakit tersebut.