Batuk tak kunjung sembuh disertai meriang

A Info Penanya: A
Assalamualaikum dokter saya ingin menanya Ibu saya setiap hari hampir batuk terus katanya ada radang yang dia rasain tetapi belum juga sembuh sudah minum obatDan yang di rasain gatel, tenggorokan penuh cairain yg membuat gatal,Padahl sudah minum obat dll. Terkadang kalo cuaca dingin dia meriang dan batuk. Mohon solusinya untuk kesembuhan ibu saya dok Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Batuk adalah gejala yang merupakan mekanisme alami tubuh terutama jika ada kotoran ataupun benda asing pada saluran napas. Mekanisme ini bertujuan untuk mengeleluarkan lendir ataupun gangguan pada saluran napas. Selain itu gejala batuk juga bisa berbeda-beda bisa batuk kering, batuk berdahak dan juga lamanya yang bisa singkat ataupun bisa sampai berminggu-minggu.

Beberapa penyebab batuk sendiri tidak hanya karena infeksi saluran pernapasan, bisa juga disebabkan oleh reaksi imun tubuh, reaksi alergi, paparan zat tertentu, trauma atau cedera di dada, asam lambung, dan faktor lainnya seperti cuaca ataupun lingkungan tinggal.

Apabila batuk terjadi setiap hari dan tidak ada perbaikan, maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis paru. Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan seperti wawancara mengenai gejala yang terjadi, dilakukan pemeriksaan fisik dan juga bisa dilakukan pemeriksaan penunjang seperti:

  • Foto rontgen
  • Pemeriksaan lab darah
  • Pemeriksaan sampel dahak
  • Pemindaian dengan CT scan jika diperlukan
  • Pemeriksaan lain yang diperlukan

Nantinya perlu dipastikan apa penyebabnya, sementara bisa berikan obat pereda batuk seperti obat bromhexin, hindari penyebab batuk, jika ada yang merokok dirumah perlu dihindari agar asapnya tidak memicu batuk, jika ada alergi terhadap dingin bisa gunakan pakaian hangat untuk mencegah batuk kambuh.

Perbanyak minum air putih, gunakan masker dan terapkan etika batuk dan bersin yang baik, gunakan masker jika sedang batuk dan juga hindari makanan yang berminyak, bersantan ataupu yang memicu alergi yang bisa membuat batuk. 

Jika disebabkan oleh infeksi nantinya perlu dipastikan infeksi apa yang jadi penyebabnya dan dilakukan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Banyak orang yang memercayai manfaat kencur untuk batuk

Mengupas Khasiat Kencur untuk Batuk, Manjur atau Mitos Belaka?

Salah satu obat alami yang populer untuk mengatasi batuk adalah kencur. Tanaman ini dianggap memiliki banyak kandungan nutrisi yang mampu mengobati batuk. Sebenarnya seberapa efektif kencur untuk batuk?