Batuk kering sudah satu bulan, saya harus bagaimana?

MS Info Penanya: MS
Siang dok. Sy meli sdh 1bln ini sy batuk kering ga sembuh2 dan batuknyaa itu pagi-sore aj dan ga sering batuknyaa sdh priksa 2x dan mnm obt apotek jg mw ke Rs msh tkt dgn pandemi covid krn sy pya ank kcl minta srn nya dok obt apa yg hrs sy mnm spy cpt sembuh.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, MS.

Batuk merupakan sebuah masalah kesehatan yang bisa menjadi gejala dari berbagai penyakit, dari yang tidak berisiko sampai yang cukup serius. Batuk adalah refleks dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang seharusnya tidak ada di dalam tenggorokan, seperti misalnya mikroorganisme atau alergen. Terkadang, tubuh memproduksi lendir yang membantu untuk 'menangkap' benda asing tersebut.

Terkait kondisi Anda, penyakit-penyakit yang memiliki gejala batuk kering di antaranya adalah:

  • Batuk alergi, yang biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki sensitivitas terhadap hal tertentu, seperti misalnya debu, bulu kucing, atau kelopak bunga
  • Asma, yang biasanya disertai dengan bunyi mengi saat bernapas
  • GERD, yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan
  • COVID-19, yang sedang menjadi pandemi saat ini. Biasanya gejala juga disertai dengan demam, pilek, atau sesak. Pada orang dengan kekebalan tubuh buruk, bisa sampai pneumonia atau gagal napas.
  • Infeksi virus lainnya seperti influenza

Apabila Anda mengalami batuk kering dan tidak parah, sebaiknya Anda memang tetap di rumah dan tidak pergi ke rumah sakit untuk mencegah terjadinya penularan. Dengan tetap di rumah, Anda tidak akan terkena COVID-19 jika Anda negatif, dan tidak akan menularkan orang lain jika Anda positif.

Jika gejala batuk kering Anda memberat dan disertai dengan demam, Anda bisa menelepon ke 119 ext 9 untuk meminta saran apakah Anda harus pergi ke rumah sakit rujukan. Anda juga dapat mengunjungi situs SehatQ dan mengikuti tes risiko COVID-19, klik tombol di kanan bawah.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan ini di rumah:

  • Menghindari konsumsi makanan pedas dan berminyak
  • Minum air putih yang cukup
  • Mengonsumsi air jahe hangat bermanfaat bagi pernapasan
  • Tidak merokok atau terkena asap rokok
  • Gunakan masker di ruangan yang berdebu
  • Pastikan udara kamar bersih, gunakan air purifier jika diperlukan

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?