Batuk sudah dialami selama satu tahun dan sesak napas.

IS Info Penanya: IS, Pria, 19 Tahun
Selamat malam dokter, saya anita umur 38 tahun.. Saat ini saya mengalami batuk yg cukup lama sudah 1tahunan dengan riwayat asma juga.. Sudah berbagai cara ke dokter umum dan spesialis namun hilangnya hanya bersifat sementara. Apa yg harus saya lakukan untuk penenganan selanjutnya dikarenakan semakin hari rasa semakin sulit untuk bernafas dan pilek selalu terjadi. Mohon arahan dan solusinya dokter!.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, LS.

 

Berdasarkan keluhan anda, batuk yang dialami dapat berupa :

1. Asma. Asma adalah kondisi dimana batuk dan sesak napas berbunyi 'ngik' yang dipicu oleh beberapa hal yaitu debu, stress, polusi, udara dingin, kelelahan, bulu binatang dsb. 

2. Sinusitis. Cairan hidung yang kental dan berwarna kehijauan atau kuning dan adanya lendir yang mengalir ke  bagian belakang tenggorokan (drainase postnasal)

3. Rhinitis Alergi.  Sama hal nya dengan asma, alergi dapat dipicu oleh debu, stress, polusi, udara dingin dsb keluhan yang dialami adalah hidung berair dan tersumbat, mata berair, gatal, merah (konjungtivitis alergi), bersin, batuk dan tenggorokan gatal

4. Pneumonia. Infeksi pernapasan yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dapat berupa batuk kering atau berdahak yang berwarna kekuningan, hijau atau coklat, dengan bercak darah, sulit bernapas, dada berdebar, demam, berkeringat, nafsu makan menurun, nyeri dada saat batuk, dan menggigil

 

Untuk memastikan diagnosisnya, saya sarankan anda ke dokter spesialis paru ya agar diperiksa secara langsung dan diberi pengobatan yang sesuai. Walaupun sudah pernah ke dokter, namun tak ada salahnya anda kontrol kembali ke dokter anda.

Selama dirumah disarankan anda untuk :

1. Hindari pencetus batuk misalnya udara dingin,bulu binatang, debu dsb

2. Kelola stress anda

3. Jangan melakukan aktifitas berat

4. Gunakan masker selama batuk, terutama saat berpergian untuk menghindari penularan.

5. Bersihkan lingkungan rumah anda dari debu dan kotoran

6. Optimalkan ventilasi udara dirumah anda, membuka jendela.

7. Berjemur di pagi hari

8. Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari kuman berpindah ke orang lain atau benda lain

9. Menjaga daya tahan tubuh, dengan cara terapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan bergizi, berolahraga teratur dan minum air putih 2L perhari

10. Hindari merokok dan berada di lingkungan asap rokok

 

Waspadai keluhan dibawah ini, jika mengalaminya segera ke UGD

1. Batuk hingga sesak napas berat

2. Demam tinggi

3. Tubuh semakin kurus

4. Batuk berdarah

5. Pucat

 

Semoga lekas membaik

Sehat Selalu

 

dr. Karlina Lestari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma

Menelisik Hubungan Sakit Maag dengan Asma

Beberapa teori menunjukkan bahwa maag dan asma (GERD) memiliki hubungan. Salah satu teorinya menyebutkan naiknya asam lambung saat maag dapat membuat saluran udara menyempit sehingga menimbulkan asma.