Batuk selama 3 minggu, ringan dan tidak berdahak?

MY Info Penanya: MY, Pria, 20 Tahun
Saya sudah batuk kira2 selama 3 minggu lebih, batuk nya ringan dan tidak berdahak, bagaimana agar sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MYN

Anda mengalami peradangan di saluran napas. Penyebab paling sering radang di saluran napas adalah iritasi dan infeksi. Iritasi paling sering akibat perubahan cuaca, udara kering, debu dan asap. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri maupun virus. 

Untuk mengurangi radang yang paling utama adalah menghindari penyebab iritasi. Misalnya menghindari polusi kendaraan bermotor atau stop merokok. Anda juga dapat menggunakan pelembab udara agar udara ruangan tidak terlalu kering. 

Bila keluhan tetap berlanjut dan disertai dengan demam. Kemungkinan anda mengalami infeksi yang memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Sebaiknya konsultasi langsung dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemberian obat-obatan yang sesuai dengan kasus anda.

Mencegah Penyakit ISPA di Tengah Paparan Polusi Udara

Infeksi Saluran Pernapasan Bawah Ini Bisa Merusak Paru-paru Anda

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita Penyakit PPOK tetap bisa menjalani aktivitas seperti biasa dengan menjalani terapi

Jangan Takut! Penderita Penyakit PPOK Tetap Bisa Beraktivitas Seperti Biasa

Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) adalah kondisi peradangan paru-paru yang kronis dan dapat diikuti dengan penyakit pernapasan lain, yaitu bronkitis kronis, dan emfisema. Penderita PPOK tetap dapat beraktivitas normal dengan menjalani terapi yang tepat dari dokter terkait.