Batuk sebulan tidak kunjung sembuh

SR Info Penanya: SR, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, batuk saya sudah sebulan tidak kunjung sembuh. Pada minggu pertama saya di kasih vitamin, demam, obat nyeri.Minggu k berikutnya saya periksa lagi ke rumah sakit lain dan di beri obat tuzalos,citiskrin,boots,antibiotik. Batuk saya parahnya di malam hari dan di pagi hari. Saya pernah waktu SMP mengalami sakit seperti ini. Dan sakit nya alergi dingin dan debu. Tapi mengapa tidak kunjung sembuh ya dok? Mengapa ya dok? Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, S

Batuk yang anda alami sudah termasuk batuk kronik dapat terjadi akibat beberapa hal seperti bronkitis alergika, asma, penyakit paru obstruksi kronik, infeksi paru (seperti: pneumonia dan Tuberkulosis).

Pada seseorang yang mengalami batuk lama disarankan untuk melakukan pemeriksaan dahak Sputum BTA dan foto thorax untuk memastikan apakah terdapat infeksi TB atau penyakit paru lainnya. 

Pada batuk alergi seperti bronkitis alergika dan asma juga sering terjadi pada malam dan pagi saat dingin, terkadang tercetus akibat paparan debu dan alergen.

Saya sarankan anda untuk istirahat, hindari debu dan asap rokok, jika batuk menutup mulut dan memakai masker. 

Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis Paru

Salam sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.