Batuk, sakit tenggorokan selama 3 hari, apakah penyebabnya ?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2019 Tahun
Saya mau bertanya dok, saya 3 hari yang lalu di beritahu terkena radang tenggorokanObat saya tak kunjung sembuh batuk saya makin parah, tenggorokan saya makin sakit, mw muntah pun sakit karena batuk
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Batuk merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk mengeluarkan lendir, benda asing dari saluran pernapasan. Terkait dengan keluhan anda, kemungkinan penyebabnya antara lain :

- Faringitis

- Pneumonia

- Bronkitis

- GERD

Pengobatannya sendiri tergantung diagnosis. Untuk memastikan penyebab dan diagnosis, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya memeriksakan diri ke dokter secara langsung agar mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter akan melakukan anamnesa (tanya-jawab) lebih detail mengenai keluhan anda, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sesuai indikasi. Dokter akan mempertimbangkan pemberian antibiotik, anti radang sesuai dengan hasil pemeriksaan.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

- Optimalkan daya tahan tubuh dengan cara : istirahat yang cukup dengan tidur 6-8 jam pada malam hari, minum air putih yang cukup, konsumsi buah-buahan dan sayuran atau konsumsi multivitamin
- Hindari asap rokok

- Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk mengurangi sakit tenggorokan.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak organ pernapasan manusia, dimulai dari hidung, hingga berakhir di diafragma.

Mengenali Organ Pernapasan Manusia Secara Lengkap dan Tepat

Organ pernapasan manusia tidak hanya paru-paru. Dimulai dari masuknya udara ke tubuh, organ seperti hidung, mulut, hingga trakea, juga masuk sebagai organ pernapasan. Tiap organ pun memiliki tugas tersendiri.