23 Sep 2021, 07:28Pernapasan

Penyebab batuk tidak berhenti pada anak

AR
Info Penanya: AR0
Assalaamu 'alaikum pak/bu dokter?saya mau tanya ini masalah batuk anak saya,gini ya dok..waktu itu pertama x batuk anak saya sampe tiada berhenti 1 hari trus sy periksa ke dokter alhamdulillah membaik tapi 1 minggu kemudian batuknya tambah parah lagi saya periksa ke dokter lagi 2x periksa ke dokter itu dikasih antibiotik dan 15hr kemudian batuk lagi tapi saya gak bawa kedokter saya beli antibiotik sendiri di apotek.apakah bahaya nanti dok??
90 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, A.Batuk pada anak tidak hanya menimbulkan rasa kurang nyaman tapi membuat orangtua merasa sedih dan kasian terhadap anak terutama batuk yang terus menerus terjadi sehingga anak tidak mau makan bahkan kesulitan bernafas.

Apa yang menyebabkan batuk tidak berhenti pada anak ?

Keluhan anak Anda dimana waktu pertama kali batuk tidak berhenti lalu Anda periksa ke dokter dan membaik. Namun 1 minggu kemudian batuk semakin parah. Anda melakukan pemeriksaan kembali ke dokter dan diberi antibiotik. 15 hari kemudian batuk muncul lagi, namun Anda tidak ke dokter dan membeli antibiotik sendiri di apotek.Seharusnya Anda tidak memberikan antibiotik sendiri kepada anak. Antibiotik harus sesuai indikasi dan dosis berdasarkan berat badan anak. Antibiotik juga tidak dapat dibeli tanpa resep dokter.Jika Anda memberikan antibiotik tanpa indikasi medis dengan dosis yang tidak sesuai, maka akan membahayakan anak Anda. Beberepa efek samping yang dapat ditimbulkan seperti alergi terhadap antibiotik maupun resistensi obat.Tidak semua batuk disebabkan oleh bakteri yang perlu antibiotik. Batuk pada anak Anda bisa saja disebabkan oleh gejala alergi, asma, PPOK, bronkitis, corona atau terpapar asap rokok orangtua terus menerus.Sebaiknya Anda membawa anak untuk periksa lengkap di dokter spesialis anak. Dokter akan memberikan obat yang tepat. Selain itu Anda sebaiknya memberikan makanan bergizi pada anak, suplemen vitamin, minum yang cukup dan pastikan anak tidak terpapar asap rokok.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran pernapasanbatukcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil