Saya mengalami batuk berdahak dan pilek, apakah saya terkena covid?

L Info Penanya: L
Dok sy mengalami batuk berdahak serta pilek tapi tidak demam apakah itu awal dari penyakit covid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Batuk berdahak dan pilek seringkali terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Sistem pernapasan dilapisi oleh lendir yang bermanfaat untuk menjaga saluran udara tetap lembap dan melindungi paru-paru dari iritasi. Ketika tubuh melawan sebuah infeksi, produksi lendir jadi meningkat atau lebih banyak dari biasanya.

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan batuk berdahak dan pilek adalah bronkitis, pneumonia, asma dan kebiasaan merokok. Memang betul batuk dan pilek merupakan beberapa gejala dari COVID-19. Namun perlu di evaluasi lebih lanjut, apakah gejala lain seperti demam, nyeri tenggorokan dan faktor terpapar oleh pasien COVID-19. Jika tidak kemungkinan batuk dan pilek yang Anda alami bukan dari COVID-19, bisa dari infeksi bakteri atau virus lainnya.

Untuk mengatasi keluhan Anda, Anda mencoba beberapa cara dengan berkumur dengan air garam, minum rebusan jahe hangat dengan madu, hirup uap hangat untuk membantu mengeluaran dahak atau lendir. Jika keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya lakukan pememriksaan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, dan mencari tau penyebab pasti dari keluhan Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil tidak akan menularkan COVID-19 pada janin

Mungkinkah Ibu Hamil Menularkan Virus Corona kepada Janin?

Kekhawatiran akan kasus COVID-19 juga dirasakan oleh ibu hamil. Tak sedikit yang berpikir bahwa COVID-19 mungkin dapat menyerang janin di kandungannya.