Apa penyebab batuk berdarah?

DF Info Penanya: DF, Wanita, 21 Tahun
Hai dok saya mau tanya, setelah beberapa bulan saya melahirkan ,dan setiap sya terserang batuk pilek pas saya batuk-batuk kok ada darahnya itu kenapa ya dok ,,? Dan fisik saya jadi lebih cepat lelah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DF, 

Batuk berdarah adalah suatu kondisi yang cukup serius, sehingga perlu segera dicari tahu penyebabnya melalui dokter. Selain wawancara, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada dada dan bagian tubuh lainnya. Jika diperlukan, pemeriksaan penunjang seperti rontgen, tes darah, tes dahak atau MRI juga dilakukan untuk menentukan diagnosis.

Beberapa penyebab batuk berdarah yang sering terjadi:

  1. Batuk yang berkepanjangan dan parah sehingga mengiritasi atau melukai saluran pernapasan hingga berdarah. Radang tenggorokan juga dapat membuat batuk berdarah.
  2. Infeksi paru. Infeksi paru bisa bermacam-macam jenisnya, biasanya ada gejala demam, sesak napas atau dahak yang berdarah.
  3. Tuberkulosis. Jika Anda sudah batuk lebih dari 2 minggu disertai dahak yang berdarah, demam, kelelahan, tidak nafsu makan dan keringat malam, perlu dicurigai terinfeksi tuberkulosis.
  4. Bronkitis. Gejalanya biasanya dahak banyak dan kental, kadang disertai darah. Sesak napas dan demam ringan juga bisa terjadi. 
  5. Kanker paru. Sering terjadi di atas usia 40 tahun dengan kebiasaan merokok.

Semoga informasi yang diberikan dapat membantu. Salam sehat.

 

dr. Anandika

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri penyakit paru-paru dapat Anda kenali, termasuk sesak dada dan batuk berdahak

Aktif Merokok? Waspadai Ciri-ciri Penyakit Paru-Paru Ini

Ada banyak ciri-ciri penyakit paru-paru obstruktif kronis, termasuk sesak dada, batuk berdahak, kaki dan betis membengkak, dan jantung berdetak cepat. Kenali cirinya, jauhi rokok Anda.