Batuk Pilek yang TIdak Kunjung Sembuh

IK Info Penanya: IK
Tanya dokter anak sy umurx 17 tahun, tp kok batuk pilekx tdk sembuh2 ya, baikkan dikit, kambuh lg, kenapa ya dok?? Didokter mana sy harus berobat,tks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
Selamat siang!Terimakasih IK atas pertanyaannya kepada Tim SehatQ. Batuk dan pilek adalah pertanda terjadinya produksi lendir berlebih pada saluran pernapasan. Batuk pilek biasa biasanya hanya membutuhkan istirahat cukup dan pola makan seimbang untuk dapat sembuh. Batuk pilek jenis ini juga biasanya hanya terjadi kurang dari 7 hari. Namun apabila batuk pilek tidak kunjung sembuh, bisa saja kondisi ini juga merupakan tanda dari berbagai penyakit. Berikut penyakit-penyakit dengan tanda batuk pilek lama:
  1. Rhinitis Alergi
    Alergi terhadap zat tertentu ataupun alergi terhadap kondisi dingin dapat mencetuskan batuk pilek lama. Batuk pilek pada rhintis alergi apabila terpapar dengan pencetus. Pada rhinitis alergi, biasanya muncul lebih hebat pada pagi ataupun malam hari dengan gejala meler, bersin, ataupun batuk-batuk sering.
  2. Polip Hidung
    Polip merupakan pertumbuhan lapisan mukosa rongga dalam hidung yang jinak. Peradangan lama mencetuskan terjadinya polip. BIasanya disertai gejala hidung tersumbat sepanjang hari.
  3. Sinusitis
    Batuk pilek lama juga dapat merupakan tanda dari sinusitis. Biasanya terjadi nyeri pada wajah terutama dahi dan pipi. Sinus merupakan rongga-rongga di kepala. Peradangan sinus biasanya memicu pilek lama disertai lendir kekuningan, kehijauan, maupun bau.
  4. Rhinitis non-alergi
    Infeksi virus ataupun bakteri berulang dapat mengakibatkan batuk pilek lama.
Dari berbagai penyakit dengan gejala batuk pilek lama, penting untuk memastikan penyebab batuk pilek lama pada anak Anda. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Hal ini agar anak Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk mengurangi kekambuhan batuk pilek:
  1. Menjauhi ataupun menghindari benda benda yang dicurigai memicu alergi seperti debu,asap,dll.
  2. Jaga kebersihan hidung
  3. Minum air yang cukup
  4. Pola makan yang seimbang dan teratur
  5. Istirahat yang cukup
  6. Olahraga yang teratur

Semoga jawaban ini dapat membantu Anda.

Salam Sehat,

dr. Annissa Fadila
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.

10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari memang menyebalkan. Di saat kita ingin beristirahat dengan tenang, tenggorokan gatal dan batuk-batuk datang mengusik. Bagi Anda yang merasakannya, berikut ini 10 cara ampuh mengatasi batuk di malam hari.