batuk pilek tidak kunjung sembuh

ML Info Penanya: ML, Wanita, 19 Tahun
Selamat Siang dok, saya mau menanyakan sesuatu.Saya sudah batuk dan pilek dari awal bulan Juli dan sampai sekarang sudah memasuki bulan Agustus masih aja belum kunjung sembuh.saya sudah makan obat batuk 2 botol masih aja blm sembuh, dan sampai" mama saya membuat sari jahe untuk saya minum.Apa solusi nya yaa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam ML

Batuk terjadi sebagai upaya tubuh untuk mengeluarkan dan membersihkan saluran nafas, penyebab batuk dapat terjadi akibat peradangan, reaksi alegri dan infeksi pada saluran nafas atas hingga paru. Sedangkan pilek terjadi akibat pengeluaran lendir hidung yang dapat dicetuskan reaksi radang di mukosa hidung, penyebab tersering biasanya infeksi virus, reaksi alergi dan bakteri. 

Pada batuk dan pilek yang terlalu lama dapat disebabkan oleh infeksi virus dan reaksi alergi (alergi dingin, debu, asma, makanan tertentu). Pada infeksi virus biasanya akan hilang jika imunitas daya tahan tubuh membaik, sedangkan reaksi alergi akan hilang jika faktor pencetus di hindari.

Saya sarankan anda untuk cukup istrahat, konsumsi makanan  gizi seimbang, hindari rokok dan alkohol, perbanyak multivitamin khusunya vitamin c,

Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter umum duhulu untuk mencari tahu penyebab batuk dan pilek anda yang terlalu lama dan mungkin perlu di rujuk ke dokter spesialis THT atau spesialis Paru.

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ulkus kornea atau luka pada kornea mata adalah gangguan mata berwarna putih dan sering dianggap sebagai katarak

Luka pada Kornea Mata atau Katarak? Ketahui Perbedaannya

Ulkus kornea adalah luka pada kornea mata yang ditandai dengan munculnya bintik putih pada kornea mata dan memiliki gejala yang hampir sama dengan katarak yaitu dengan timbulnya warna putih di mata. Ulkus kornea ini disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur.