08 Jan 2021, 09:38Penyakit Lainnya

Batuk pilek disertai demam dan sesak apa penyebabnya?

MA
Info Penanya: MA0
Dok saya mau tanya, bbrp hari yg lalu saya sakit pilek dan batuk setelah saya minum komik obh bbrp saat kemudian dada saya terasa sesak sekali seperti mau muntah dan gejala seperti sakit kepala demam mulai muncul ketika minum komik obh, tetapi pilek dan batuk saya berkurang, saya bawa tidur tapi pas sorenya malah makin parah, mata saya ngantuk berat, demam pusing ditambah sakit punggung belakang dan mau makan juga rasa tidak enak kayak mau muntah, apa itu gejala maag dok?
282 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam MABatuk pilek bisa disebabkan adanya alergi, iritasi atau infeksi kuman saat daya tahan tubuh sedang menurun. Bila disertai demam, maka kemungkinan besarnya disebabkan adanya infeksi baik bakteri, virus, ataupun jamur. Ada pun kemungkinan untuk terinfeksi virus COVID-19 saat pandemi sekarang ini.

Gejala COVID-19

Gejala pada infeksi COVID-19 ini bisa menyerupai berbagai makan penyakit, tetapi ada beberapa gejala utamanya yang sering ditemui yakni:
Rasa mengantuk yang parah bisa disebabkan dari efek samping obat batuk pilek yang diminum dan karena berkurangnya oksigen ke otak karena hidung yang tersumbat. Adanya lendir yang banyak membuat saluran nafas tersumbat dan menyebabkan sesak serta dapat memicu rasa mual akibat menumpuknya lendir yang tertelan dan masuk ke lambung. Rasa sesak juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan jaringan akibat infeksi.Untuk itu sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai keluhan yang dirasakan dan lakukan skrinning awal COVID-19 dengan melakukan tes rapid antibodi, antigen atau bisa dengan tes diagnostik swab PCR. Bila didapatkan hasil negatif berarti penyebab batuk pilek disertai demam dan gejala-gejala penyerta adalah infeksi lainnya dan dapat diberikan penanganan sesuai penyebabnya. Sementara itu tetap patuhi protokol kesehatan dan terapkan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL 
pilekinfeksi saluran pernapasanbatukcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil