Kenapa batuk pilek anak saya hingga 2 minggu?

WS Info Penanya: WS, Pria, 2 Tahun
dokter anak saya umur 2th 5 bln batuk pilek udah ada 2 minggu demam di awal batuk saja, sudah minum obat tp batuknya blm ilang dan suaranya skr serak, tp anaknya aktif mainan seperti biasa.kenapa ya dok? terimakasih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang WS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Batuk pilek atau common cold merupakan infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas, yaitu hidung dan tenggorokan. Masa inkubasi virus penyebab batuk pilek, atau jangka waktu sejak virus masuk ke dalam tubuh hingga menimbulkan keluhan, umumnya adalah 2-3 hari.

Gejala yang biasa menyertai batuk pilek adalah bersin-bersin, hidung tersumbat, suara serak, sakit tenggorokan, sakit kepala, demam, mata berair, hilang nafsu makan, berkurangnya indra penciuman dan pengecapan.

Ada beberapa tips untuk mengatasi batuk pilek :

  • Oleskan telon pada bagian dada, punggung dan leher untuk melegakan pernapasan
  • Berkumur dengan air garam
  • Jaga suhu ruangan tetap hangat dan lembab
  • Mandikan anak dengan air hangat

Jika keluhan sudah lebih dari 2 minggu sebaiknya periksakan ke dokter anak untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan batuk pilek yang dialami oleh anak Anda. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, ataupun tes khusus atas indikasi penyakit tertentu.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?