Batuk, Pilek dan Nafas Berbunyi. Tanda dari Penyakit Apa?

VG Info Penanya: VG, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya, beberapa bulan ini saya sering mengalami batuk tidak berdahak,pilek, hingga akhirnya saya mengalami susah tidur dan pernafasan saya berbunyi seperti siulan dok, saya sudah meminum obat yg di berikan di apotek tapi reaksi obat itu tidak lama, saya mengalami batuk lagi jika tidak meminum nya, kira2 obat apa yg harus saya minum dok supaya batuk ini bisa sembuh??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, VG

Dari deskripsi anda, kemungkinan anda mengalami asma. Asma adalah penyakit paru yang bersifat kronis / jangka panjang. Saluran nafas anda akan meradang dan menyempit sehingga nafas menjadi susah. Gejala klasik dari asama yaitu batuk, bunyi mengi, sesak nafas dan dada terasa ketat. Asma berat mengakibatkan penderitanya sulit bicara atau beraktivitas. Selain peradangan cabang paru-paru, terjadi peningkatan produksi cairan yang lengket. Tidak semua orang sama, ada yang mengalami serangan asma setiap harinya dan ada juga yang sudah lama tidak kambuh. Asma bisa timbul karena infeksi virus seperti flu atau olahraga. Penting untuk mengenali gejala asma saat masih ringan sebelum menjadi gejala yang berat.

Gejala Awal Asma 

- sering batuk terutama di malam hari

- mudah lelah atau sesak

- merasa lemah saat olahraga

- batuk atau mengi setelah olahraga

- gejala flu atau alergi seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan hidung mengalir

Serangan Asma - nafas berbunyi saat menarik nafas dan mengeluarkan nafas- batuk tidak mau berhenti- nafas sangat cepat- nyeri dada- otot dada dan leher mengencang- sulit bicara- perasaan cemas atau panik- pucat dan berkeringat- bibir atau kuku biru Segera periksakan diri anda ke Rumah Sakit bila mengalami gejala serangan asma. Pengobatan asma ada bermacam-macam, ada yang jangka pendek atau jangka panjang. Ada yang untuk serangan dan ada juga untuk pencegahan. Baiknya diskusi langsung ke Dokter Spesialis Paru untuk menentukan terapi yang tepat untuk anda. Beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan :
  • melatih pernafasan 
  • larutan herbal dam alami : black seed oil, kopi, choline, pycnogenol
  • menghindari penyebab asma
    • bulu binatang : terutama tidak boleh di kamar tidur
    • tungau : cuci seprai dengan air panas, vakum furnitur dan simpan karpet yang sudah tidak digunakan. Saat vakum gunakan masker debu
    • serbuk bunga dan lumut : tutup jendela. jangan keluar rumah mendekati tengah hari
    • asap rokok
    • kecoa
    • udara dingin
    • lumut indoor : dari pipa bocor, bersihkan permukaan yang sudah berlumut

Semoga saran saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk, seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.