Batuk pilek dan demam tinggi di saat malam hari?

KM Info Penanya: KM, Pria, 2019 Tahun
Kenapa anak saya panas dan batuk pilek disertai demam tinggi bila menjelang malam hari penyakit apa itu dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi,

Terima kasih atas pertanyaannya di forum SehatQ.

Demam menandakan adanya infeksi pada anak anda. Keluhan batuk dan pilek sebagai tanda bahwa ada gangguan di saluran nafas terutama saluran nafas bagian atas. Sehingga penyakit yang dialami anak anda adalah infeksi saluran pernafasan atas. Penyebabnya bisa karena infeksi virus seperti influenza atau infeksi bakteri. Mengapa kambuhnya di malam hari, karena mengikuti pola aktifnya kuman. Bisa juga akibat udara dingin yang membuat radang bertambah.

Bagaimana cara mengatasinya, dengan menjaga anak anda agar daya tahan tubuhnya optimal. Dengan cara istirahat yang cukup, minum cairan yang banyak serta makan makanan yang bergizi termasuk sayur dan buah. Bila keluhannya tidak membaik saya sarankan konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pemberian obat-obatan yang memerlukan resep dokter seperti antibiotik. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sumber vitamin A baik untuk mata minus anak

Atasi Rabun Jauh Anak dengan 5 Vitamin Ini

Beberapa kebiasaan anak dapat menyebabkan anak mengalami rabun jauh, salah satunya adalah bermain gadget atau game di komputer. Beberapa vitamin dapat membantu anak anda jauh dari mata minus atau rabun jauh. Vitamin C, A, E, B3, dan B2 dapat mengatasi rabun jauh.