Bagaimana mengatasi alergi saat kehamilan?

L Info Penanya: L
Malam dok, saya mau tanya. Sebelumnya sy punya riwayat alerghi dingin dan debu. Jika situasi hujan sering kambuh, kalo udah kambuh pilek dan batuk agak sesak. Masalahnya saat ini sy sedang hamil 2 bulan dan sedang social distancing, sebelum hamil sy biasa gunakan obat semprot hidung dan obat batuk halmezin. Yg ada antihistamin, pertanyaannya bolehkah sy melanjutkan langkah sy tersebut? Klopun tidak boleh, lalu obat apa yg bisa sy konsumsi pada saat kehamilan ini agar aman pada janin. Terima ka
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Alergi adalah suatu reaksi pada sistem kekebalan tubuh yang dipengaruhi oleh alergen seperti debu, udara dingin, bulu binatang, dan spora. Reaksi alergi muncul berupa batuk, hidung tersumbat, mata berair, ruam-ruam pada kulit, dan tenggorokan yang gatal. Biasanya alergi bisa hilang dengan sendirinya tetapi bisa juga menetap. Kondisi yang Anda alami ini adalah rhinitis alergi. Rhinitis alergi sendiri merupakan bagian dari alergi. 

Pada ibu hamil memang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi obat. Apalagi obat antihistamin merupakan obat yang kontraindikasi dengan ibu hamil. Jadi, sebaiknya jangan dikonsumsi dulu. Untuk itu cara yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa mengkonsumsi obat batuk pilek yang aman yaitu OBH dan paracetamol. Lalu, bisa juga dibantu dengan menghirup uap panas, mengkonsumsi jahe hangat, madu, dan juga lemon untuk mengurangi gejala Anda ini.

Sebagai pencegahan, Anda bisa menghindari hal-hal yang membuat alergi Anda timbul. Gunakan masker jika bepergian agar tidak terpapar debu, jaga kebersihan lingkungan, dan jaga suhu ruangan agar tidak terlalu dingin. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menghilangkan gatal karena ulat bulu sangatlah penting untuk diketahui.

Ini Dia Cara Menghilangkan Gatal Karena Ulat Bulu Beserta Pertolongan Pertamanya

Cara menghilangkan gatal karena ulat bulu tentunya sangat penting untuk diketahui. Tidak hanya itu, membekali diri dengan pertolongan pertama saat kulit menyentuh ulat bulu juga sangat vital!