Batuk pada anak 1 tahun sudah hampir 1 bulan

RH Info Penanya: RH, Pria, 33 Tahun
"Dokter, saya ingin bertanya. Anak saya laki laki berumur 1 tahun sudah 1 bulan lebih batuk batuk terus, durasi batuknya pun sekitar 30 detik/1menit. Anak saya sudah 3x berobat ke klinik dan puskesmas namun saya belum cek ke rumah sakit dan batuk anak saya masih belum sembuh juga, gejala yang dialami anak saya hanya batuk tidak demam. Penyakit apa yang dialami anak saya ya dokter?Mohon pencerahannya, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RH

Batuk yang dialami merupakan respon pembersihan jalan nafas dari partikel infeksi atau iritasi. Batuk kronis yang terlalu lama dapat disebabkan beberapa kondisi seperti asma bronkial, bronkitis alergika, tuberkulosis paru dan pertusis. 

Jika batuk sudah sering dan lama pada anak sebaiknya anda membawa anak anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Bisa jadi anak anda memiliki asma atau bronkitis alergika yang terpicu akibat alergen disekitar seperti debu dan asap rokok. Selain itu adanya infeksi tuberkulosis dan pertusis sering membuat anak batuk lebih dari 2 minggu. 

Saya sarankan agar anda menjaga kebersihan lingkungan anak bermain, hindarkan anak anda dari debu, jika orang tua merokok sebaiknya segera berhentik karena itu menjadi pemicu batuk pada anak. Untuk tatalaksana obat biasanya anak bisa diberi mukolitik ambroxol, bronkodilator salbutamol dan antibiotik sesuai intruksi dokter. Segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ruam di muka dapat mengindikasikan gejala alergi obat pada anak dan melibatkan sistem kekebalan tubuh anak

Mengenal Gejala Alergi Obat pada Anak dan Bedanya dengan Efek Samping

Alergi obat pada anak adalah suatu reaksi alergi yang muncul dari sistem kekebalan tubuh yang terpapar oleh obat. Gejala alergi obat biasanya seperti ruam, gatal, hingga biduran yang dapat muncul saat pertama atau beberapa kali mengonsumsi obat.