Batuk mengeluarkan darah, apakah berbahaya dan berpengaruh terhadap hasil medical checkup

SB Info Penanya: SB, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, Dok kemarin saya ikut medical checkup. Pas tes sputum saya paksa batuk agar keluar dahak nya. Ternyata dahak yg keluar ada sedikit bercak darah. Dan saat itu saya tidak dalam keadaan batuk dok. Apakah itu berbahaya dok atau berpengaruh terhadap hasil pemeriksaan? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SB

Sebetulnya batuk sampai mengeluarkan darah adalah suatu kondisi yang kemungkinan kronis (berlangsung lama). Yang paling sering disebabkan adanya infeksi di paru-paru, misalnya akibat infeksi TBC atau pneumonia. Pada saat anda medical checkup akan dilakukan juga pemeriksaan radiologi dan bila ternyata dari rontgen ada kecurigaan ke arah TBC maka anda akan dianjurkan untuk konsultasi dengan Dokter Spesialis Paru atau Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Bila memang ada infeksi TBC maka akan tampak di hasil medical check up anda. Dan kemungkinan perusahaan akan keberatan karena infeksi TBC bisa menular ke orang lain di lingkungan kerja. Semoga penjelasan saya bermanfaat. 

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Madu dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdarah

Cara Mengobati Batuk Berdarah Secara Alami, Apakah Ada?

Sebagian besar kasus batuk berdarah hanya bisa diatasi melalui penanganan medis. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk, seperti madu, jahe, nanas, dan lainnya.