Batuk lama sembuh dan timbul kembali bila makan makanan berminyak atau kurang bersih. Apakah normal?

YP Info Penanya: YP, Wanita, 2019 Tahun
dok saya mau tanya, klo saya batuk suka lama sembuhnya. sekalinya sembuh, trus ketika makan dikit yg ga bersih dan berminyak, bisa langsung radang lagi dok. apakah ini normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Batuk adalah mekanisme tubuh adanya iritan yang berusah masuk dan mencegah infeksi saluran pernapasan. Tetapi bila bersifat kronis, bisa disebabkan beberapa kondisi seperti tetesan lendir dari hidung sehingga memicu batuk, bila terpapar cuaca dingin atau penyebab alergi lainnya pada penderita asma / sensitif, gangguan asam lambung yang kembali ke kerongkongan, infeksi saluran pernapasan, obat-obat tensi atau jantung serta perokok.

Penanganannya memerlukan pemeriksaan tambahan untuk memastikan diagnosanya, sebaiknya evaluasi langsung dengan Dokter. Pemeriksaan radiologi seperti rontgen atau CT Scan, tes fungsi paru-paru, laboratorium darah atau bronkoskopi bila diperlukan. Saya lampirkan artikel mengenai cara alami mengatasi tenggorokan gatal yang bisa anda buka tautannya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk di malam hari juga bisa diakibatkan oleh rokok.

10 Cara Ampuh Atasi Batuk di Malam Hari yang Ganggu Jam Tidur

Batuk di malam hari memang menyebalkan. Di saat kita ingin beristirahat dengan tenang, tenggorokan gatal dan batuk-batuk datang mengusik. Bagi Anda yang merasakannya, berikut ini 10 cara ampuh mengatasi batuk di malam hari.