Batuk lama dengan keterangan suspek kp minimal apakah TBC?

MI Info Penanya: MI, Pria, 31 Tahun
saya sudah selesai pengobatan tbc 6 bulan dan di nyatakan sembuh. 6 bulan kemudian saya mcu lagi. tapi ada keterangan suspek kp minimal. apakah itu bekas luka sebelumnya. dan benarkah luka bekas tb tidak hilang. terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MI.

Terimakasih telah bertanya. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.

KP atau Tuberkulosis (TB) paru adalah penyakit akibat infeksi Mycobacterium tuberculosis  di paru. Pasien dinyatakan sembuh apabila sudah tidak ditemukan kuman TB setelah menjalani pengobatan minimal 6 bulan. Pasien yang sudah menjalani pengobatan tuntas 6 bulan belum tentu bisa dikatakan sembuh. Pasien perlu diperiksa kembali dahaknya dan dinyatakan kuman TB sudah tidak lagi ditemukan. Pada pasien yang telah dinyatakan sembuh, beberapa pasien mengalami kambuh akibat kembali tertular kuman TB atau terjadi reaktivasi kuman TB dalam tubuh yang tersisa. Untuk menegakkan terjadinya kambuh, pasien perlu menjalani pemeriksaan dahak kembali.

Pasca infeksi primer TB setelah dilakukan pengobatan tuntas maka salah satu gambaran rontgen paru bisa terlihat meninggalkan sedikit bekas berupa garis fibrotik atau sarang perkapuran disebut dengan bekas TB. Gambaran tersebut bersifat cenderung menetap seperti halnya jaringan parut bekas luka di kulit. 

Gambaran rontgen Anda yang menyatakan suspek kp minimal menandakan adanya kecurigaan infeksi TB pada paru Anda. Bisa jadi paru Anda mengalami infeksi TB berulang atau mengalami kekambuhan infeksi TB. 

Namun menentukan kambuh atau tidaknya TB tidak disarankan hanya menggunakan foto rontgen, terutama apabila pasien tidak menunjukkan gejala apapun. Untuk mengetahui apakah TB kambuh, diperlukan hasil pemeriksaan dahak BTA.

Sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter perusahaan terkait hasil tersebut. Atau coba untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis radiologi atau dokter spesialis paru untuk meminta keterangan apakah TB paru Anda merupakan infeksi TB yang kambuh

Semoga bermanfaat

Salam sehat. 

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pekerja konstruksi harus lebih berhati-hati, karena rentan mengalami penyakit paru-paru

10 Pekerjaan Berisiko untuk Penyakit Paru paru

Paru-paru merupakan organ yang bekerja tanpa henti dan tidak jarang orang yang paru-parunya terserang penyakit. Ternyata, beberapa jenis pekerjaan dapat memicu penyakit paru-paru seperti bartender, tenaga kesehata hingga pekerja tambang batu bara.