05 Dec 2020, 05:58Penyakit Lainnya

Apakah penyebab batuk kering tidak sembuh?

RA
Info Penanya: RA0
Dok, ini istri saya sudah seminggu lebih batuk kering, sudah periksa dan di beri obat, bahkan sampe obat habis istri saya masih batuk2 smpe kadang mual, rasanya ampek di dada kalau pas batuk, sy harus kasih terapi apa ya dok? Makan pun juga susah, kadang 3 sampai 3 sendok makan udahan, mohon masukannya dok. Terimakasih
298 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, RATerima kasih atas pertanyaannya.Batuk merupakan reflek yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan dahak dan iritan.  Batuk terdiri dari batuk berdahak atau batuk kering

Penyebab batuk kering :

  • Asma
    Ada tipe asma yang akan menimbulkan batuk kronis sebagai gejalanya, Selain batuk akan muncul mengi, napas pendek, nyeri dada saat bernapas.
  • GERD
    Salah satu gangguan asam lambung kronis. Hal ini terjadi akibat adanya asam lambung yang naik hingga kerongkongan sehingga mengiritasi lambung dan memicu adanya batuk.  Keluhan ini disertai rasa panas di dada, mulut asam, tidak nafsu makan, sulit menelan, perut terasa penuh, mual.
  • Infeksi virus
    Dapat menimbulkan gejala seperti flu disertai batuk. Namun dapat pula menyebabkan batuk kering lama hingga 2 bulan karena iritasi pada saluran pernapasan akibat terlalu sensitif setelah terinfeksi virus.
Apabila sudah lebih dari seminggu dan obat sudah habis namun  keluhan masih menetap, istri anda dapat kembali ke dokter guna dilakukan evaluasi perkembangan keluhan.  Akan diberikan tambahan obat jika diperlukan.

Cara sementara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi batuk terus menerus :

  • Perbanyak minun air putih hangat. Boleh ditambah dengan madu untuk meredakan iritasi di tenggorokan.
  • Hindari makanan yang mengiritasi seperti makanan manis, makanan yang digoreng, makanan pedas, minuman teh, kopi, ataupun soda.
  • Makan dengan porsi sedikit 1-2 sendok namun lebih sering 15-20 menit sekali untuk mencegah asam lambung naik.
  • Kumur dengan air garam 2-3 kali sehari.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
asmainfeksi saluran pernapasangerdinfeksi virus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil