Batuk, demam, dan mual, apa perlu tes di pusat kesehatan?

D Info Penanya: D
malam doktersya sdah batuk kering lebih dr 1minggudemam tidak menentu, hidung jarang mampet, akhir2 ini sya merasa mual ketika makan mlm haribatuk akan timbul kalau udara sekitar dingin atau dimlm haripekerjaan sya setiap hari berhadapan dgn customer dr berbagai macam latar belakangapkah perlu sya tes di pusat kesehatan terdekat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D.

Batuk adalah respon tubuh yang normal, apabila ada benda asing masuk sampai tenggorokan. Batuk bukan merupakan penyakit, tetapi merupakan gejala dari penyakit tertentu. Biasanya, penyakit dengan gejala batuk juga disertai dengan gejala lain, seperti demam, pilek, sesak napas, ataupun mual.

Penyakit yang memiliki gejala batuk di antaranya adalah:

  • Batuk alergi, biasanya akan kambuh pada kondisi tertentu. Penderita juga memiliki riwayat alergi lain, seperti dermatitis atau rhinitis.
  • Pneumonia, biasanya disertai gejala seperti demam dan sesak napas
  • Asma, biasanya batuk saat kondisi tertentu, dan disertai dengan bunyi mengi
  • Bronkhitis, yaitu peradangan pada saluran bronkus

Sedangkan mual yang Anda alami bisa merupakan gejala pada saluran pencernaan, yang bisa berhubungan dengan batuk ataupun tidak. Anda dapat melakukan beberapa hal di rumah, seperti:

  • Mengurangi konsumsi makanan pedas dan berminyak, karena memicu iritasi lambung dan produksi lendir di tenggorokan
  • Makan cukup serat, yang didapat dari buah dan sayur-sayuran
  • Minum air putih yang cukup
  • Tidur teratur dan tidak begadang
  • Hindari udara dingin dengan mengenakan jaket atau selimut, atau mengecilkan suhu AC

Apabila gejala tidak membaik, Anda dapat datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala yang Anda alami. Terkait tes seperti laboratorium atau lainnya, nanti akan ditentukan oleh dokter yang bersangkutan, bisa diperlukan ataupun tidak.

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita alergi udara akan merasakan gatal dan muncul bintik-bintik merah beberapa saat setelah terpapar udara dingin atau panas

Inilah Reaksi Kulit Akibat Alergi Udara Panas Maupun Dingin

Pada penderita alergi udara, reaksi alergi seperti rasa gatal dan bintik-bintik merah akan muncul beberapa saat setelah terpapar udara dingin atau panas.