15 Jul 2020, 01:34Pernapasan

Batuk kering pada anak

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 1 Tahun
Mlm dokter...anak sya prempuan usia 22 bln dgn berat 10 kg... panas,batuk kering,flu dan napas sedikit cepatSudah diberi sanmol drop,ambroksol sirup dan rinos drop tp batuk nya kalau mlm msh susah..sngat menggangu tidurnya ... ini sudah brlangsung 2 hariDan untuk dada...punggung dan perut nya sya olesin transpulmin babyTd pgi 1 kali kmi beri nebulazer dgn obat pentolin....mhon penjelasan ny dok...langkah apa yg hrus kmi ambil
4984 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam PF,Batuk kering pada anak adalah keluhan yang bisa timbul baik karena ada infeksi saluran pernapasan, bronkitis, asma, reaksi alergi ataupun karena penyebab lainnya. Tidak jarang apabila disebabkan oleh alergi bisa timbul lebih dari 5 hari. Untuk itu apabila sudah berlangsung 2 hari tidak perlu terlalu cemas. Kecuali jika timbul tanda bahaya seperti:
  • Timbul sesak napas
  • Napas anak menjadi cepat dan dangkal
  • Ada suara napas tambahan dari pernapasannya
  • Timbul tarikan atau retraksi dari otot pernapasan atau bisa ada napas dengan hidung yang kembang kempis
  • Bibir dan kuku anak tampak kebiruan
Jika timbul tanda bahaya seperti ini perlu segera dilakukan penanganan dengan membawa anak ke instalasi gawat darurat di fasilitas kesehatan terdekat. Jika tidak ada tanda bahaya bisa pantau dulu kondisi kesehatan anak. Upayakan hindari dari penyebab timbulnya gejala batuk seperti paparan debu, asap rokok, udara dingin, makanan atau minuman manis, berminyak ataupun penyebab lainnya. Berikan anak lebih banyak minum air putih, berikan makanan bernutrisi dan cukup istirahat.Obat saat ini sudah cukup, obat demam bisa diberikan jika demam saja dan obat batuk pilek boleh diteruskan. Untuk nebulizer juga baiknya bisa konsultasikan dulu jika pakai ventolin ya, karena jika tidak sesuai indikasi bisa membuat napas cepat dan jantung anak berdebar cepat. Jika sampai 2 hari kedepan masih batuk dan sesak, periksakan untuk mengatasinya. Nantinya perlu juga menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan hindarkan dari asap rokok. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
penyakit anakgangguan pernapasanbatuk kering
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil