Batuk kering, apa saja penyebabnya?

EA Info Penanya: EA, Wanita
Dok saya sudah sebulan ini batuk kering. Rasanya gatal, sakit tenggorokan, dan dada jd tdk enak. Lalu saya coba untuk senter bagian belakang mulut memang agak kemerahan. Tp kadang mereda sendiri. Saya jg memiliki masalah asam lambung. Apa pengaruh asam lambungnya jg dok? Trmksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EA.

Batuk sebenarnya adalah mekanisme refleks normal pada tubuh. Ketika batuk, tubuh sedang berusaha mengeluarkan benda asing yang ada di tenggorokan, misalnya virus, bakteri, atau alergen. Tetapi, ketika batuk terjadi terus-menerus akan menjadi hal yang tidak normal. Hal ini menandakan ada sesuatu yang salah di dalam tubuh, bisa dari tenggorokan ataupun organ lainnya.

Penyebab batuk kering di antaranya:

  • Batuk alergi, yang biasanya timbul saat terpapar dengan pemicu tertentu
  • Asma
  • GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease, yaitu kondisi asam lambung yang naik ke tenggorokan
  • COVID-19 yang sedang menjadi wabah saat ini, yang disebabkan infeksi Coronavirus. Biasanya gejala juga disertai demam dan sesak napas.

Untuk sementara, Anda bisa mencoba mengurangi makanan pedas dan berminyak ya. Konsumsilah makanan kaya vitamin C seperti pepaya, jambu, dan jeruk, serta minum air putih yang cukup. Hindari faktor pemicu alergen (jika ada), debu, asap, dan polusi. Gunakan masker jika ingin ke luar rumah, dan pastikan rajin mencuci tangan.

Jika gejala tidak kunjung hilang dan disertai demam serta sesak, bisa menelepon ke 119 ext 9 untuk mengetahui apakah Anda perlu ke rumah sakit rujukan atau tidak. 

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkiektasis dapat menimbulkan penumpukan lendir dan membuat saluran udara tersumbat

Mengenal Bronkiektasis dan Penyebab Batuk Berdahak Lainnya

Bronkiektasis terjadi ketika dinding saluran udara (bronkus) rusak, menebal, dan melebar akibat peradangan kronis atau infeksi sehingga mengakibatkan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak jangka panjang. Selain itu, terdapat penyebab batuk berdahak lainnya seperti, asma, bronkitis kronis,dll.