Batuk dan tenggorokan gatal, apa mungkin corona?

VX Info Penanya: VX
Halo dok. Saya mengalami batuk kering namun ada dahak di tenggorokan dan gatal sekali sehingga membuat perut saya menjadi sakit akibat batuk. Saya sudah minum obat batuk tp tidak sembuh juga. Saya jd parno
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VX.

Batuk adalah hal normal yang dilakukan tubuh secara refleks, ketika ada benda asing yang masuk ke tenggorokan. Dengan batuk, tubuh akan mengeluarkan benda asing tersebut. Benda asing bisa berupa virus, bakteri, ataupun alergen. Tetapi, batuk yang terjadi berulang kali tentu membuat tidak nyaman, apalagi saat menjalani puasa di bulan ramadhan ini. Batuk yang terus-menerus menunjukkan bahwa ada sesuatu yang tidak normal di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan.

Saat ini, dunia sedang mengalami pandemi COVID-19 yang salah satu gejalanya adalah batuk. Tetapi, penyakit ini akan bermanifestasi gejala berbeda-beda tergantung kekebalan tubuh orang yang terkena. Pada orang muda dengan kekebalan tubuh tinggi, gejala bisa saja hanya demam ringan atau batuk. Tetapi, pada lansia dengan kekebalan tubuh rendah, orang tersebut bisa sampai mengalami gagal napas.

Tetapi, selain COVID-19, batuk dan tenggorokan gatal yang Anda alami bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, seperti influenza, infeksi bakteri, atau alergi. Oleh karena itu, Anda harus tetap waspada tapi jangan khawatir berlebihan, ya. Tetap di rumah dan ke luar jika hanya benar-benar diperlukan. Jika gejala memberat, Anda bisa menelepon 119 ext 9 untuk mengetahui apakah Anda perlu ke rumah sakit rujukan atau tidak.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, kaya vitamin dan mineral. Perbanyak sayur dan buah-buahan.
  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari debu, asap, dan polusi; gunakan masker jika terpapar
  • Konsumsi vitamin C 1000 miligram per hari
  • Tidak begadang
  • Bergerak aktif atau berolahraga sendiri (tidak berkelompok)

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pandemi adalah epidemi yang menyebar ke beberapa negara

Pandemi Corona Virus Gelombang Kedua, Mungkinkah Terjadi?

Pandemi corona belum usai dan dunia masih berperang melawan virus ini. Bahkan, pandemi ini diprediksi akan mengalami gelombang kedua yang lebih parah nantinya.