Kenapa bisa batuk berdahak kental dan berdarah?

KS Info Penanya: KS
Apa berbahaya dok batuk kering tp berdahak kental d sertai darah ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang KS,

Batuk berdarah adalah keluhan yang bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, bisa karena adanya luka pada tenggorokan atau gangguan saluran napas, infeksi saluran napas, mimisan, radang tenggorkan, adanya ataupun karena infeksi yang spesifik seperti misalnya tuberkulosis.

Jadi jika ada keluhan batuk berdarah dan berulang disertai keluhan lain seperti batuk lama lebih dari 3 minggu, demam tanpa sebab jelas, penurunan berat badan, adanya benjolan di kelenjar getah bening, nyeri dada ataupun keluhan lain maka perlu dilakukan pemeriksaan.

Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan lab darah, foto rontgen, dan juga pemeriksaan sampel dahak ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Sementara perlu perbanyak minum air putih, pakai masker dan hindari pemicu batuk. Bisa juga konsumsi air hangat dengan lemon dan jahe, mengonsumsi madu dan berkumur dengan air garam untuk mengurangi gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat batuk generik memiliki kandungan bahan aktif yang sama dengan obat paten

Batuk Terasa Mengganggu, Pilih Obat Batuk Generik atau Obat Paten?

Saat batuk, tak sedikit orang yang meminta dokter untuk meresepkan obat paten ketimbang obat batuk generik. Alasannya, karena obat paten jauh lebih manjur. Padahal kedua jenis obat ini memiliki khasiat yang sama bagusnya.