Batuk disertai darah kental

V Info Penanya: V, Wanita, 20 Tahun
Dok, ini baru pertama kali saya alamiTerjadi setelah bangun tidur lebih tepatnya setelah olahraga pagi, tenggorokan saya terasa berlendir dan sedikit mengganggu pernafasan, kemudian saya mencoba mengeluarkannya dg cara saya batukan / saya dorong keluar biasanya keluar lendir biasa tapi ini berbentuk lendir dan darah kentalIni kenapa ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang V,

Batuk disertai lendir dan darah kental dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab seperti diantarnya adalah:

  • Infeksi pada paru yang membuat adanya perlukaan pada jaringan paru yang memicu timbulnya batuk disertai lendir darah
  • Perdarahan pada sekitar saluran pernapasan lain seperti pada tenggorokan, perdarahan pada gigi atau gusi, ataupun akibat mimisan sehingga darah bercampur dengan lendir di saluran pernapasan dan dibatukkan menjadi batuk disertai lendir darah
  • Perdarahan dari saluran cerna tetapi lebih jarang terjadi
  • Cedera pada saluran napas
  • Penggunaan obat pengencer darah

Untuk itu perlu diperhatikan gejala lain yang menyertai seperti misalnya diperhatikan apakah ada perdaraahan yang timbul dari sekitar gigi dan rongga mulut, ada tidaknya batuk yang menetap, nyeri dada, demam, penurunan berat badan, kelelahan, sesak napas, berkeringat di malam hari atau kehilangan nafsu makan maka perlu untuk dilakukan pemeriksaan agar diketahui penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mencari tahu penyebabnya dan dilakukan penanganan yang tepat. 

Upaykan untuk perbanyak minum air putih, hindari kebiasaan merokok, hindari paparan alergen seperti debu, dan juga menjaga pola hidup sehat agar membantu mengatasi gejala dan mencegah adanya gangguan kesehatan pada tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit pneumonia hanya bisa disembuhkan dengan obat yang diresepkan oleh dokter

Bisakah Obat-Obatan Herbal Jadi Pengobatan Pneumonia?

Penyakit pneumonia tidak bisa diatasi oleh obat-obatan herbal. Meski demikian, penggunaan obat herbal dapat meringankan gejala pneumonia. Pengobatan herbal gejala pneumonia seperti teh herbal, jahe dan kunyit.