Batuk di malam hari, sudah minum obat batuk dan mengurangi makanan yang bikin batuk.

YK Info Penanya: YK, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, saya mau tanya sudah beberapa minggu saya batuk² tetapi hanya dimalam hari saja yg paling seringnya yaa? padahal sudah minum obat batuk dan mengurangi makanan yg bikin batuk, tapi tetap saja itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YK

Batuk di malam hari paling sering memang akibat alergi, flu, bronkitis atau asma. Selain dari pernapasan bisa juga akibat asam lambung seperti GERD. Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter untuk keluhan Anda? Saran saya Anda konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Beberapa tips yang dapat membantu mengurangi batuk di malam hari :

  1. Menggunakan pelembab ruangan
    Karena udara kering akan mengakibatkan batuk semakin parah. Penggunaan pendingin ruangan atau kipas angin mengakibatkan udara menjadi kering. Tingkat kelembaban sekitar 50% sudah cukup baik karena bila terlalu lembab bisa mengakibatkan timbulnya jamur. Jamur juga bisa mengakibatkan batuk.
  2. Menghindari penyebab alergi 
    Selain jamur, bisa juga akibat bulu binatang, serbuk tanaman dan debu. Selain batuk bisa juga bersin-bersin dan hidung tersumbat. Gunakan pembersih debu dengan HEPA filter, bersihkan kamar dari majalah atau buku lama yang menyimpan debu. Bersihkan seprai menggunakan air panas seminggu sekali. 
  3. Mengatasi GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)
    Gangguan pencernaan dimana isi lambung terdorong kembali ke kerongkongan sehingga tenggorokan teriritasi dan timbul batuk terutama di malam hari. Hindari makanan yang menyebabkan asam lambung dan stop makan 4 jam sebelum tidur.
  4. Teh dengan madu
    Minum teh panas dengan madu untuk melegakan tenggorokan, mengurangi iritasi dan mengencerkan lendir
  5. Tidur dengan kepala ditinggikan 
    Hindari berbaring terlentang tanpa bantal, karena lendir akan terkumpul di tenggorokan dan mengakibatkan batuk. Dengan kepala ditinggikan lendir dari hidung atau gejala GERD dapat berkurang.
  6. Berkumur dengan air garam hangat sebelum tidur
    Tujuannya untuk mengurangi radang tenggorokan, dan mengeluarkan lendir dari tenggorokan
  7. Berhenti merokok
  8. Obat asma
    Asma adalah penyakit paru jangka panjang yang mengakibatkan peradangan dan penyempitan saluran napas. Gejala yang paling sering adalah batuk terutama di malam hari.

Saya lampirkan juga artikel mengenai Batuk Tak Kunjung Sembuh? Coba 7 Cara Mengobati Batuk Berdahak untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bronkiektasis dapat menimbulkan penumpukan lendir dan membuat saluran udara tersumbat

Mengenal Bronkiektasis dan Penyebab Batuk Berdahak Lainnya

Bronkiektasis terjadi ketika dinding saluran udara (bronkus) rusak, menebal, dan melebar akibat peradangan kronis atau infeksi sehingga mengakibatkan penumpukan lendir. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak jangka panjang. Selain itu, terdapat penyebab batuk berdahak lainnya seperti, asma, bronkitis kronis,dll.